LEGALITAS PENGGELEDAHAN KANTONG DIPLOMATIK (DIPLOMATIC BAG) REPUBLIK RAKYAT TIONGKOK DI HOUSTON-TEXAS OLEH PEMERINTAH AMERIKA SERIKAT

Anggita, Priska (2023) LEGALITAS PENGGELEDAHAN KANTONG DIPLOMATIK (DIPLOMATIC BAG) REPUBLIK RAKYAT TIONGKOK DI HOUSTON-TEXAS OLEH PEMERINTAH AMERIKA SERIKAT. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Priska Anggita)
180513252 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180513252 1.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
180513252 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img]
Preview
Text
180513252 3.pdf

Download (524kB) | Preview

Abstract

Kantong Diplomatik merupakan salah satu media komunikasi diplomatik antara pemerintah suatu negara dengan misi diplomatiknya yang berada di negara asing dan berisikan korespondensi, dokumen-dokumen, dan hal-hal lain yang sesuai dengan fungsi diplomatik. Oleh karena itu, Konvensi Wina 1961 menganugerahkan kantong diplomatik dengan sebuah keistimewaan dan kekebalan berupa prinsip inviolabilitas agar tidak dapat digeledah ataupun ditahan oleh suatu negara penerima. Namun pada praktiknya, tidak jarang ditemukan pelanggaran terhadap prinsip inviolabilitas tersebut. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan menganalisa kasus penggeledahan kantong diplomatik milik Republik Rakyat Tiongkok oleh Amerika Serikat. Jenis penelitian yang diterapkan adalah metode penelitian hukum normatif, dengan menganalisa tindakan yang dilakukan oleh Amerika Serikat terhadap hukum-hukum internasional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tindakan yang dilakukan oleh Amerika Serikat tersebut merupakan pelanggaran terhadap prinsip inviolabilitas, asas pacta sunt servanda, dan praktik challenge and return seperti yang telah diatur dalam hukum kebiasaan internasional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kantong Diplomatik, Penggeledahan, Prinsip Inviolabilitas
Subjects: Ilmu Hukum > Hubungan Internasional
Divisions: Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 09 Aug 2023 15:56
Last Modified: 09 Aug 2023 15:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29423

Actions (login required)

View Item View Item