PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN DENGAN KLIEN PADA MAGNUS DIGITAL INDONESIA

MARWAN, RICKXEN (2023) PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MEMPERTAHANKAN HUBUNGAN DENGAN KLIEN PADA MAGNUS DIGITAL INDONESIA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (RICKXEN MARWAN)
16 09 05874 0.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 09 05874 1.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 09 05874 2.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text
16 09 05874 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img]
Preview
Text
16 09 05874 4.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini akan membahas mengenai penerapan Customer Relationship Management pada Magnus Digital Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan customer relationship management oleh account executive Magnus Digital Indonesia terhadap klien-kliennya dengan melihat dari teori komunikasi CRM atau costumer relationship management. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara menggunakan pedoman wawancara dengan narasumber. Data diperoleh peneliti melalui wawancara tatap muka online yang dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Adapun narasumber penelitian ini berjumlah 3 orang yang merupakan account executive dari Magnus Digital Indonesia. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Magnus Digital Indonesia melalui Account Executive berusaha menerapkan customer relationship management guna menjaga relasi dengan klien. Penerapan CRM tersebut dilakukan dengan cara menjalankan IDIC (identifiy, differentiate, interaction, customize). Identify diterapkan dengan mengulik latar belakang klien melalui dokumen-dokumen atau sumber tertentu, differentiate diwujudkan melalui interaksi dengan klien dan menggunakan informasi yang dimiliki tentang klien untuk membedakan klien berdasarkan nilai dan kebutuhan mereka, interaction diwujudkan dengan melakukan interaksi yang sesuai dengan kebutuhan dan nilai klien, dan customize diwujudkan dengan kemudahan untuk klien dapat mengakses informasi perusahaan memanfaatkan teknologi yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Account Executive, Klien
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 10 Aug 2023 19:38
Last Modified: 10 Aug 2023 19:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29439

Actions (login required)

View Item View Item