PENGARUH TINGKAT RESPON KHALAYAK PADA IKLAN TERHADAP CITRA ( Studi Eksplanatif Pengaruh Tingkat Respon Khalayak Pada Iklan “Pertamina Pasti Pas” Terhadap Citra SPBU Banyuraden Yang Sudah Bersertifikasi “Pasti Pas” dan SPBU Payak Yang Belum Bersertifikasi “Pasti Pas” Yogyakarta )

Arisanto, Yunan Widiyatmoko (2007) PENGARUH TINGKAT RESPON KHALAYAK PADA IKLAN TERHADAP CITRA ( Studi Eksplanatif Pengaruh Tingkat Respon Khalayak Pada Iklan “Pertamina Pasti Pas” Terhadap Citra SPBU Banyuraden Yang Sudah Bersertifikasi “Pasti Pas” dan SPBU Payak Yang Belum Bersertifikasi “Pasti Pas” Yogyakarta ). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02303.pdf

Download (138Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02303.pdf

Download (167Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02303.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02303.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02303.pdf

Download (101Kb)

Abstract

SPBU Pertamina “Pasti Pas” adalah SPBU yang telah tersertifikasi sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik memenuhi standard kelas dunia. Konsumen dapat mengharapkan kualitas dan kuantitas BBM yang terjamin, pelayanan yang ramah, serta fasilitas nyaman. David Ogilvy mengemukakan: “Every advertisment should be thought of as a contribution to the complex symbol which is the brand image (Darmadi,2003:21). Pertamina di dalam hal ini berusaha untuk membangun Citra dari SPBU dengan menggunakan program “Pertamina Pasti Pas” dan iklannya. Iklan “Pertamina Pasti Pas” tidak akan berfungsi jika masyarakat tidak merespon iklan tersebut. Oleh karena itu, respon masyarakat diperlukan di dalam membangun Citra dari SPBU. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aspek-aspek tingkat respon khalayak pada iklan “Pertamina Pasti Pas” terhadap citra SPBU Banyuraden yang bersertifikasi “Pasti Pas” dan SPBU Payak yang belum bersertifikasi “Pasti Pas” di Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat eksplanatif dengan tiga variabel yaitu variabel “demografis” sebagai variabel anteseden, variabel “Tingkat Respon Khalayak Pada Iklan “Pertamina Pasti Pas”sebagai variabel bebas, dan Variabel “Citra SPBU” sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian yang dipakai adalah kuesioner pada 200 responden yang diperoleh dengan accidental sampling. Metode penelitian yang di pakai di dalam penelitian ini adalah analisis distribusi frekuensi, analisis korelasi langsung, analisis regresi sederhana, dan analisis uji beda. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis korelasi langsung mendapatkan hasil bahwa faktor demografis tidak memiliki hubungan secara signifikan dengan tingkat respon khalayak pada iklan “Pertamina Pasti Pas”. Dalam kasus ini yang mempengaruhi tingkat respon khalayak adalah bukan dari faktor demografis melainkan faktor-faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis korelasi langsung mendapatkan hasil bahwa Tingkat respon khalayak pada iklan “Pertamina Pasti Pas” memiliki hubungan yang positif secara signifikan terhadap Citra SPBU yang sudah bersertifikasi “Pasti Pas”. Dari hasil analisis regresi sederhana yang pertama menunjukan bahwa pengaruhnya bersifat lemah. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis korelasi langsung mendapatkan hasil bahwa Tingkat respon khalayak pada iklan “Pertamina Pasti Pas” memiliki hubungan berbanding terbalik secara signifikan terhadap Citra SPBU yang belum bersertifikasi “Pasti Pas”. Dari hasil analisis regresi sederhana yang kedua menunjukan bahwa pengaruhnya bersifat lemah. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis uji beda mendapatkan hasil bahwa Citra SPBU yang sudah bersertifikasi “Pasti Pas” dengan Citra SPBU yang belum bersertifikasi “Pasti Pas” memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 11 Jul 2013 08:51
Last Modified: 11 Jul 2013 08:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2952

Actions (login required)

View Item View Item