PERSEPSI FOLLOWERS AKUN @ANJANITRIP PADA PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER @AWKARIN DALAM PROMOSI PAKET WISATA LABUAN BAJO

Riantari, Elvira Wanda (2023) PERSEPSI FOLLOWERS AKUN @ANJANITRIP PADA PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER @AWKARIN DALAM PROMOSI PAKET WISATA LABUAN BAJO. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Elvira Wanda Riantari)
160905920 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905920 1.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905920 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
160905920 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img]
Preview
Text
160905920 4.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Setelah pandemi Covid-19, Labuan Bajo dibuka kembali sebagai objek wisata dengan tujuan untuk meningkatkan sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat setempat terutama setelah diberlakukannya sistem “new normal”. Pembukaan kembali Labuan Bajo ini kemudian diikuti dengan beroperasinya usaha di daerah setempat seperti agen wisata, penginapan, toko, rumah makan, dan lain sebagainya. Pembukaan kembali Labuan Bajo ini membuat Travel Agent Anjani Trip juga kembali beroperasi dan melakukan kegiatan promosi untuk menarik kembali masyarakat supaya datang dan berwisata di Labuan Bajo. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh Anjani Trip salah satunya dengan menggunakan celebrity endorser, penelitian ini ingin melihat bagaimanakah persepsi dari audiens terhadap kredibilitas Awkarin sebagai celebrity endorser yang digunakan oleh Anjani Trip untuk mempromosikan paket wisata ke Labuan Bajo yang dimiliki oleh Anjani Trip. Dalam penelitian ini terjadi tiga proses utama yaitu penerimaan stimuli, yang menghasilkan sensasi dan memberikan hasil akhir yaitu persepsi oleh ketiga partisipan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi yang dihasilkan dari penggunaan celebrity endorsement yang dilakukan oleh Anjani Trip yaitu Awkarin kredibel jika digunakan untuk mempromosikan paket wisata ke Labuan Bajo karena ia memiliki pekerjaan sebagai content creator yang didukung oleh tim yang professional juga memiliki hobi travelling dan juga diving yang sesuai dengan paket wisata yang dipromosikan yaitu paket wisata ke Labuan Bajo. Dalam proses untuk menghasilkan persepsi ini cukup menarik di mana ketiga partisipan menerima stimuli yang sama dengan respon dan pemberian makna yang beragam namun memberikan hasil akhir persepsi yang sama yaitu ketiga partisipan menyatakan bahwa Awkarin kredibel untuk digunakan oleh Anjani Trip sebagai celebrity endorser.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Endorsement, Celebrity endorser, Anjani Trip, Awkarin, Persepsi
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 25 Aug 2023 15:46
Last Modified: 25 Aug 2023 15:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29583

Actions (login required)

View Item View Item