PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI SARANA MENYAMPAIKAN PRODUCT KNOWLEDGE (Studi Deskriptif Kualitatif pada Produk OMO! Healthy Snack)

PRASTIKA, MARIA OKTAVIA DWI (2023) PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI SARANA MENYAMPAIKAN PRODUCT KNOWLEDGE (Studi Deskriptif Kualitatif pada Produk OMO! Healthy Snack). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
160905921 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905921 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905921 2.pdf

Download (569kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905921 3.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160905921 4.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan TikTok sebagai sarana dalam menyampaikan product knowledge suatu produk. Perkembangan TikTok yang semakin pesat, dapat dimanfaatkan perusahaan untuk memasarkan produknya secara lebih luas, khusunya dalam penyebaran informasi mengenai produk. Product knowledge merupakan seluruh cakupan informasi yang akurat dan lengkap yang dibagikan oleh perusahaan guna dapat muncul dalam memori konsumen, yang nantinya informasi-informasi tersebut dapat membantu sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan tindakan selanjutnya. Penelitian ini memiliki judul “Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Sarana Menyampaikan Product knowledge (Studi Deskriptif Kualitatif pada Produk OMO! Healthy Snack) dengan menggunakan metode studi kasus. Studi kasus dipilih karena dalam penelitian ini aplikasi TikTok tampaknya menjadi media yang telah mengubah gaya bercerita terkait pesan menjadi semakin beragam. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan aplikasi TikTok pada produk OMO! Healthy Snack sebagai sarana menyampaikan product knowledge dilakukan dengan membagikan video atau konten yang berisikan informasi mengenai produknya seperti atribut produk yang memuat gambaran produk yang dijual, informasi mengenai kandungan serta manfaat produk, kualitas produk yang terlihat dari adanya jaminan Ahli Gizi dari perusahaan untuk menjaga kualitas bahan produksi produk. Selain itu, penyampaian product knowledge juga disajikan dalam berbagai konsep pada video yang TikTok yang memuat berbagai informasi untuk kaum ibu muda yang menjadi target pasarnya, seperti membagikan video pada akun TikToknya yang berisikan edukasi, hiburan, dan pembelajaran bagi , serta menjadi media interaksi dengan calon pelanggan dan pelanggan. Dalam pembuatan kontennya, pihak OMO! Healthy Snack juga memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada TikTok seperti musik, tagar, filter, dan voice changer function.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: komukasi pemasaran, Product knowledge, TikTok, OMO! Healthy Snack, dan fitur.
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 29 Aug 2023 18:46
Last Modified: 29 Aug 2023 18:46
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29640

Actions (login required)

View Item View Item