PENGARUH REVIEW FOOD BLOGGER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN KULINER DI YOGYAKARTA (Studi Kasus pada Akun Instagram @dyodoran)

ANGGARAWATI, AGATA SEKARWANGI (2023) PENGARUH REVIEW FOOD BLOGGER TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN KULINER DI YOGYAKARTA (Studi Kasus pada Akun Instagram @dyodoran). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (AGATA SEKARWANGI ANGGARAWATI)
160906025 0.pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906025 1.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906025 2.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text
160906025 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img]
Preview
Text
160906025 4.pdf

Download (564kB) | Preview

Abstract

Era digital semakin berkembang, tidak terkecuali cara berpromosi yang mengalami pergeseran dari media cetak menjadi platform digital. Salah satu media social yang dimanfaatkan para pelaku usaha yakni Instagram. Media promosi menggunakan Instagram dapat mempermudah para pelaku usaha untuk memunculkan minat beli masyarakat. Hal tersebut juga dimanfaatkan oleh salah satu Food blogger di Yogyakarta, yakni @dyodoran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh review Food blogger @dyodoran terhadap minat beli konsumen kuliner di Yogyakarta. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey yaitu mengambil sampel dari sejumlah populasi. Pengambilan sampel sebanyak 100 orang yakni adalah pengikut akun Instagram @dyodoran. Terdapat 26 pertanyaan yang diajukan oleh peneliti melalui kuesioner yang disebarkan. Penelitian ini menggunakan analisis korelasi Person Product Moment untuk menguji hipotesis penelitian serta menggunakan regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh hubungan kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa review Food blogger memiliki hubungan serta pengaruh terhadap minat beli konsumen kuliner di Yogyakarta. Presentase variabel review Food blogger dalam penelitian ini memberikan pengaruh terhadap minat beli konsumen kuliner di Yogyakarta sebesar 31,8%, sedangkan 68,2% pengaruh lainnya yang diberikan oleh variabelvariabel lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Review, Food blogger, Minat Beli
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 30 Aug 2023 18:18
Last Modified: 30 Aug 2023 18:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29661

Actions (login required)

View Item View Item