PENGARUH WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI DI RUMAH MAKAN BAKSO ITO YOGYAKARTA

Raharja, Vincent Putra (2023) PENGARUH WORD OF MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI DI RUMAH MAKAN BAKSO ITO YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Vincent Putra Raharja)
180324227 0.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180324227 1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180324227 2.pdf

Download (230kB) | Preview
[img] Text
180324227 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
180324227 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img]
Preview
Text
180324227 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam praktik bisnis diperlukan strategi pemasaran demi tercapainya visi misi dan tujuan perusahaan. Strategi pemasaran tidak lepas dari kegiatan word of mouth, citra merek, dan niat beli. Word of mouth terbentuk secara alami melalui pengalaman konsumen terdahulu yang kemudian mampu memengaruh citra merek. Citra merek memiliki peran penting dalam menciptakan nilai perusahaan pada pandangan konsumen maupun masyarakat. Terbentuknya word of mouth dan citra merek nantinya akan berdampak terhadap tingkat niat beli oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh word of mouth pada citra merek Bakso ITO Yogyakarta dan juga pengaruh keduanya terhadap niat beli oleh konsumen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan menggunakan data sebanyak 200 responden. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan metode structural equation modelling (SEM) melalui alat analisis berupa aplikasi software SmartPLS dalam pengujian setiap variabelnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa word of mouth memiliki pengaruh positif terhadap citra merek, word of mouth tidak berpengaruh positif terhadap niat beli, citra merek memiliki pengaruh positif terhadap niat beli, serta citra merek memiliki pengaruh positif sebagai mediasi antara word of mouth dengan niat beli. Penelitian ini merekomendasikan kepada pelaku bisnis supaya memaksimalkan pelayanan, mempertahankan cita rasa, terus berinovasi serta menunjang tempat dan suasana yang nyaman agar membentuk word of mouth dan citra merek yang baik supaya meningkatkan niat beli oleh konsumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: word of mouth, citra merek, niat beli.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 31 Aug 2023 18:43
Last Modified: 31 Aug 2023 18:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29702

Actions (login required)

View Item View Item