PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TIKTOK (LIVE SHOPPING) TERHADAP NIAT PEMBELIAN: STUDI PADA GENERASI Z

Putri, Olivia Hanindya (2023) PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TIKTOK (LIVE SHOPPING) TERHADAP NIAT PEMBELIAN: STUDI PADA GENERASI Z. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Olivia Hanindya Putri)
190324661 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190324661 1.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190324661 2.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text
190324661 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
190324661 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img]
Preview
Text
190324661 5.pdf

Download (597kB) | Preview

Abstract

Tujuan - Untuk melihat dampak dari pengaruh pemasaran media sosial TikTok (live shopping) yang terbagi dalam lima dimensi yaitu kredibilitas streamer, kekayaan media, interaktivitas, persepsi risiko dan niat beli. Desain/metodologi/pendekatan – Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Metode pengambilan sampel yag digunakan dalam penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan kriteria responden yaitu masyarakat Indonesia yang termasuk dalam golongan Generasi Z dengan rentang usia antara 11-26 tahun dan pernah menggunakan live shopping TikTok. Responden didapatkan dengan menyebarkan kuesioner secara online dengan menggunakan Google form dan terkumpul sebanyak 244 responden. Analisis data menggunakan bantuan software SmartPLS. Temuan - Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada variabel kredibilitas streamer, interaktivitas, kekayaan media dan persepsi risiko terhadap niat beli. Keterbatasan – Disarankan untuk menambahkan dan mengembangkan variabel tambahan agar lebih menggambarkan situasi kompleks dan memperkuat variabel independent. Implikasi Praktis – Para pelaku bisnis online sebaiknya menggunakan streamer dengan tingkat daya tarik, keahlian, dan kepercayaan yang tinggi untuk mempromosikan produk, sehingga secara langsung mengurangi persepsi risiko konsumen dan meningkatkan niat pembelian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas streamer, Kekayaan media, Interaktivitas, Persepsi risiko, dan Niat beli.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 06 Sep 2023 19:02
Last Modified: 06 Sep 2023 19:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29778

Actions (login required)

View Item View Item