ANALISIS PENYEBAB KLAIM DAN SENGKETA SERTA PEMILIHAN ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA PADA KONTRAKTOR DI KABUPATEN SLEMAN

Anikusuma, Lioba Evita (2023) ANALISIS PENYEBAB KLAIM DAN SENGKETA SERTA PEMILIHAN ALTERNATIF PENYELESAIAN SENGKETA PADA KONTRAKTOR DI KABUPATEN SLEMAN. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Lioba Evita Anikusuma)
215118766_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
215118766_Bab 1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215118766_Bab 2.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
215118766_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
215118766_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
215118766_Bab 5.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

Dalam proyek konstruksi sering terjadi perselisihan antara pihak-pihak yang terlibat dan mengakibatkan klaim dan sengketa konstruksi. Penelitian ini mengkaji faktor penyebab terjadinya klaim dan sengketa serta faktor pemilihan alternatif penyelesaian sengketa yang dianggap efektif pada Kontraktor di Kabupaten Sleman dengan 33 responden dari tujuh kontraktor lokal. Dari hasil penelitian, faktor penyebab utama klaim konstruksi yang ditemukan adalah permasalahan berkaitan dengan pihak terkait, permasalahan keuangan, dan tanggung jawab. Faktor penyebab utama sengketa konstruksi adalah sengketa dipengaruhi faktor mutu dan progres pekerjaan, permasalahan dari pihak pengguna jasa, permasalahan kontrak pada masa kontruksi, dan permasalahan tidak terprediksi. Hasil analisis alternatif penyelesaian konstruksi menghasilkan dua faktor, yaitu faktor peran pihak lain dan solusi non-Litigasi. Kajian lebih lanjut dilakukan dengan membandingkan hasil analisis dengan kajian dari berbagai negara. Hasil sebab klaim konstruksi ditemukan persamaan yaitu mengenai waktu pengerjaan proyek dan perbedaan yaitu faktor perubahan aturan dan politik serta tanggung jawab dari pihak-pihak terkait. Perbandingan sengketa konstruksi ditemukan persamaan, yaitu masalah mutu atau kualitas, masalah keuangan, serta masalah waktu atau jadwal dan perbedaan antara hasil penelitian dengan sebab sengketa konstruksi dari negara lain serta perbedaan mengenai kecenderungan terjadinya masalah yang tidak terprediksi. Persamaan dalam pemilihan alternatif penyelesaian sengketa konstruksi yaitu semua elemen alternatif penyelesaian sengketa yang dilakukan dapat diklasifikasikan sesuai faktor yang ditemukan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Klaim, Sengketa, Penyelesaian Alternatif Sengketa
Subjects: Magister Teknik Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 11 Sep 2023 17:40
Last Modified: 11 Sep 2023 17:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29841

Actions (login required)

View Item View Item