ANALISIS PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN TERHADAP TEKNOLOGI E-LEARNING PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS MENGGUNAKAN PERLUASAN MODEL UTAUT

Aprianto, I Gusti Lanang Adi (2023) ANALISIS PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN TERHADAP TEKNOLOGI E-LEARNING PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS MENGGUNAKAN PERLUASAN MODEL UTAUT. S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (I Gusti Lanang Adi Aprianto)
215311544_Bab 0.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311544_Bab 1.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311544_Bab 2.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
215311544_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
215311544_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img]
Preview
Text
215311544_Bab 5.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Pandemi covid-19 yang terjadi saat ini memberikan dampak yang pada sektor pendidikan. Terjadinya perubahan pola pembelajaran yang awalnya dilakukan tatap muka, sekarang harus beradaptasi dengan pembelajaran secara daring. Penerapan sistem informasi e-learning digunakan untuk membantu dalam proses pembelajaran daring disekolah. Namun, implementasinya yang terkesan mendadak menimbulkan pertanyaan terhadap efektifitas penggunannya. Penulis menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology Model (UTAUT) untuk dapat mengukur penerimaan dan penggunaan teknologi e-learning yang diimplementasikan. Penulis menambahkan faktor Self-Efficacy dari segi psikologi siswa dan Information Quality dari segi informasi yang diberikan oleh sistem sehingga dapat mencakup hal yang lebih luas. Pengumpulan data responden diikuti oleh siswa Sekolah Menengah Atas di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung dengan jumlah sampel sebanyak 510 responden. Analisis pada data dilakukan dengan analisis statistik Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan peran Performance Expectancy, Social Influence, Self-Efficacy, dan Information Quality memberikan pengaruh signifikan terhadap penggunaan berkelanjutan siswa dalam menggunakan e-learning. Adapun Effort Expectancy, dan Facilitating Conditions tidak memberikan pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: adopsi dan penerimaan teknologi, e-learning, perluasan UTAUT.
Subjects: Magister Teknik Informatika > Inovation of Computational Science
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 12 Sep 2023 17:26
Last Modified: 12 Sep 2023 17:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29856

Actions (login required)

View Item View Item