IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNA E-COMMERCE TERHADAP METODE PEMBAYARAN PAY LATER (Studi Kasus: Masyarakat Kabupaten Sikka)

Labamaking, Thomas Elvinus Duden (2023) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PENGGUNA E-COMMERCE TERHADAP METODE PEMBAYARAN PAY LATER (Studi Kasus: Masyarakat Kabupaten Sikka). S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Thomas Elvinus Duden Labamaking)
215311577_Bab 0.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311577_Bab 1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
215311577_Bab 2.pdf

Download (511kB) | Preview
[img] Text
215311577_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text
215311577_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img]
Preview
Text
215311577_Bab 5.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini akan membahas tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi masyarakat Kabupaten Sikka sehingga tertarik melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan pay later pada platform e-commerce. Dilihat dari sisi negatif bahwa dalam menggunakan pay later dapat membuat penggunanya menjadi kecanduan dalam berbelanja online dan terlibat lilitan hutang yang begitu besar, ditambah lagi ketika pengguna terlambat dalam melakukan pembayaran akan diberikan gugatan ganti rugi, denda berupa bunga yang begitu besar dan penutupan akun pengguna. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan metode penelitian Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology (UTAUT 2) dengan penambahan 2 (dua) faktor eksternal yaitu perceived trust dan perceived security, bertujuan mengetahui faktor yang berpengaruh signifikan dalam penggunaan pay later pada masyarakat Kabupaten Sikka khususnya pengguna e- commerce, sehingga dari faktor tersebut dapat dicari akar permasalah untuk mengurangi penggunaan pay later tersebut. Hasil penelitian memberikan bukti bahwa terdapat 3 (tiga) hipotesis yang berpengaruh signifikan terhadap niat penggunaan pay later pada masyarakat Kabupaten Sikka khususnya pengguna e-commerce, yakni perceived trust, hedonic motivation dan perceived security. Perceived trust merupakan faktor yang paling kuat mempengaruhi niat penggunaan pay later pada masyarakat Kabupaten Sikka khususnya pengguna e-commerce. Kemudian diikuti oleh hedonic motivation dan perceived security. Namun hal tersebut dapat menyebabkan pengguna menjadi kecanduan (adiktif), impulsive buying dan penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab akibat kebocoran data pengguna. Untuk mengatasi hal tersebut masyarakat perlu diberikan edukasi, seminar dengan melibatkan pemerintah dan penyuluhan tentang bahaya yang diperoleh dari penggunaan pay later.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pay later, utaut2, perceived trust, perceived security.
Subjects: Magister Teknik Informatika > Mobile Computing
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 12 Sep 2023 18:06
Last Modified: 12 Sep 2023 18:06
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29860

Actions (login required)

View Item View Item