ANALISIS USER EXPERIENCE PADA GAME LEAGUE OF LEGENDS : WILD RIFT DENGAN METODE ENHANCED COGNITIVE WALKTHROUGH

Tauran, Stefent (2023) ANALISIS USER EXPERIENCE PADA GAME LEAGUE OF LEGENDS : WILD RIFT DENGAN METODE ENHANCED COGNITIVE WALKTHROUGH. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Stefent Tauran)
191710071_Bab 0.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710071_Bab 1.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710071_Bab 2.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text
191710071_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text
191710071_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img]
Preview
Text
191710071_Bab 5.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

League of Legends : Wild Rift merupakan game bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) pada platform smartphone yang dikembangkan oleh perusahaan Riot Games pada bulan Oktober tahun 2020. Game ini diciptakan berdasarkan game pendahulunya yang telah muncul terlebih dahulu pada platform komputer yaitu League of Legends. Meski game League of Legends : Wild Rift telah muncul lebih dari dua tahun, namun angka pemain aktifnya tidak dapat mengalahkan game kompetitornya yaitu Mobile Legends. Selain itu, rating yang dimiliki oleh game ini pada PlayStore dan AppStore bisa terbilang rendah yakni rating 3,4 pada PlayStore dan rating 3,6 pada AppStore, di mana tidak sedikit pemainnya memiliki keluhan terhadap berbagai macam permasalahan yang muncul saat game ini dimainkan. Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui apa saja permasalahan yang muncul saat dimainkan serta rekomendasi yang dapat diberikan terhadap masalah yang muncul. Metode yang digunakan adalah enhanced cognitive walkthrough, di mana hal ini berfokus pada user experience pemain dalam memainkan game ini serta apa saja feedback yang muncul. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terhadap 20 responden baik secara online maupun offline berdasarkan skenario enhanced cognitive walkthrough yang telah dirancang sebelumnya. Hasil analisis matriks enhanced cognitive walkthrough yakni secara keseluruhan game ini ini tidak begitu ramah untuk pengguna yang benar-benar baru terjun ke dalam game MOBA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: user experience, League of Legends : Wild Rift, enhanced cognitive walkthrough
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 14 Sep 2023 19:33
Last Modified: 14 Sep 2023 19:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29900

Actions (login required)

View Item View Item