Analisis dan Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Maintenance pada Lingkup Area Instalasi Pengolahan Air (IPA) Prasedimentasi PDAB Tirtatama Menggunakan Metode End-User Development

Nugroho, Ivan Aditya (2023) Analisis dan Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Maintenance pada Lingkup Area Instalasi Pengolahan Air (IPA) Prasedimentasi PDAB Tirtatama Menggunakan Metode End-User Development. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ivan Aditya Nugroho)
191710117_Bab 0.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710117_Bab 1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710117_Bab 2.pdf

Download (387kB) | Preview
[img] Text
191710117_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
191710117_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
191710117_Bab 5.pdf

Download (705kB) | Preview

Abstract

Perusahaan Umum Daerah Air Bersih (PDAB) Tirtatama D.I.Y. adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yang bertujuan untuk menyediakan air minum untuk masyarakat perkotaan Yogyakarta. Demi memenuhi tujuan tersebut, PDAB Tirtatama membutuhkan suatu bidang ilmu manajemen terkait masa pemeliharaan berupa manajemen maintenance. PDAB Tirtatama memiliki beberapa masalah mengenai bidang manajemen maintenance-nya, seperti kesulitan dalam memprediksi maintenance preventif, kesulitan pelacakan aset, dan kesusahan dalam menentukan tipe maintenance pada suatu aset. Dari permasalahan tersebut, peneliti akan menganalisis mengenai kebutuhan sistem PDAB Tirtatama dan mengimplementasikan sistem informasi manajemen maintenance CWorks+ menyesuaikan dengan kebutuhan manajemen maintenance PDAB Tirtatama. Analisis kebutuhan sistem ini akan menggunakan metode End-User Development. Tujuan diberlakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas manajemen maintenance pada PDAB Tirtatama. Peneliti akan menyinggung mengenai analisis kebutuhan sistem CMMS mulai dari tahap pengambilan data, tahap pembandingan serta uji coba CMMS CWorks+, hingga tahap penyelesaian. Hasil penelitian ini mengeluarkan output berupa laporan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) sebagai cetak biru sistem CMMS yang dibutuhkan oleh PDAB Tirtatama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CMMS; Sistem Informasi Manajemen Maintenance; End-User Development; Analisis Kebutuhan Sistem.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 15 Sep 2023 16:43
Last Modified: 15 Sep 2023 16:43
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29911

Actions (login required)

View Item View Item