PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KONFIRMASI KEHADIRAN BERBASIS WEB PADA PT CSDI (CIPTA SEDAYA DIGITAL INDONESIA) MENGGUNAKAN METODE SCRUM

Chan, Raymond (2023) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KONFIRMASI KEHADIRAN BERBASIS WEB PADA PT CSDI (CIPTA SEDAYA DIGITAL INDONESIA) MENGGUNAKAN METODE SCRUM. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Raymond Chan)
191710319_Bab 0.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710319_Bab 1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191710319_Bab 2.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
191710319_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text
191710319_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img]
Preview
Text
191710319_Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan pesat teknologi informasi telah membawa dampak signifikan dalam dunia bisnis, termasuk dalam pengelolaan sumber daya manusia dan operasional perusahaan. Namun, Astra Credit Company menghadapi tantangan dalam mengelola data kehadiran karyawan cabang secara efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem informasi yang dapat membantu tim Human Capital ACC dalam mengelola dan memahami data karyawan secara efisien. ACC memiliki solusi dengan membuat sebuah proyek bernama ACC Check-in yang bertujuan untuk dapat membantu karyawan mengkonfirmasi kehadiran dan Human Capital mengelola data karyawan. Namun ACC Check-in membutuhkan sebuah menu bagi Human Capital agar dapat mengelola data menjadi lebih efisien. Menanggapi permasalahan tersebut, maka pada penelitian ini diberikanlah sebuah solusi berupa pengembangan dasbor pada sebuah sistem manajemen konten yang digunakan oleh Human Capital, yaitu Astra Credit Company Rent Content Management System (ACCRentCMS). Dalam konteks ini, pengembangan menu dasbor menjadi solusi yang efektif untuk menyajikan informasi yang jelas dan terstruktur tentang kehadiran karyawan. Metode pengembangan yang digunakan adalah Scrum, yang memungkinkan adaptasi terhadap perubahan kebutuhan selama proses pengembangan. Penelitian ini menemukan bahwa pengembangan aplikasi dengan menggunakan Scrum berhasil menghasilkan perangkat lunak sistem informasi yang dapat memberikan informasi praktis, informatif, dan mudah dipahami bagi Human Capital ACC. Hasil kuisioner yang dilakukan menunjukkan tingkat kepuasan yang positif terhadap dasbor yang telah dikembangkan. Dengan adanya pengembangan aplikasi ini, pengelolaan data kehadiran karyawan menjadi lebih efisien dan Human Capital ACC dapat mengambil tindakan yang diperlukan dalam mengelola sumber daya manusia perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Scrum, Sistem Manajemen Konten, Dasbor.
Subjects: Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Sistem Informasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 18 Sep 2023 17:38
Last Modified: 18 Sep 2023 17:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29937

Actions (login required)

View Item View Item