Dharmawan, Yohanes Ryan Budhi (2023) ANALISIS POLA TRANSAKSI KONSUMEN DENGAN ALGORITMA APRIORI PADA PET SHOP Z. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Yohanes Ryan Budhi Dharmawan)
180709975_Bab 0.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
180709975_Bab 1.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
180709975_Bab 2.pdf Download (209kB) | Preview |
|
Text
180709975_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
||
Text
180709975_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) |
||
Text
180709975_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
|
Text
180709975_Bab 6.pdf Download (209kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian mengenai kebutuhan tersier yang semakin meningkat dalam memenuhi kebutuhan hobi, seperti memelihara hewan peliharaan. Faktanya di Indonesia, 67% rumah tangga memiliki hewan peliharaan, dengan proporsi terbesar pada kucing (37%), burung (19%), ikan (16%), serta anjing (15%). Hal ini menyebabkan munculnya tempat seperti pet shop, pet grooming, pet hotel, dan pet clinic yang menyediakan barang dan jasa terkait hewan peliharaan. Data transaksi penjualan di pet shop dapat dimanfaatkan dengan teknik data mining, khususnya menggunakan algoritma apriori, untuk menemukan pola transaksi yang dapat membantu pengambilan keputusan bisnis paket penjualan dan peletakan posisi produk. Objek penelitian adalah satu pet shop di Yogyakarta dengan pengumpulan data melalui wawancara dan pengamatan. Penelitian ini mengikuti tahapan Cross-Industry Standard Process for Data Mining atau CRISP-DM, yang meliputi pemahaman bisnis, pemahaman data, pengolahan data, pemodelan, evaluasi, dan penyebaran hasil penelitian dengan algoritma Apriori. Melalui perhitungan apriori akan ditetapkan terlebih dahulu nilai minimum support 1% dan nilai minimum confidence 50% kemudian diseleksi items yang memenuhi nilai minum support dan nilai minimum confidence yang akan menjadi hasil aturan asosiasi. Data yang digunakan yaitu hasil transaksi penjualan dalam kurun waktu 3 bulan dengan variabel nama produk dan jumlah dibeli. Jumlah data set yang digunakan dalam penelitian yaitu 2.909 data. Hasil penelitian dengan menggunakan aplikasi RapidMiner. Hasil penelitian ini menghasilkan 6 aturan asosiasi, dengan yang terbaik adalah membeli Prama dog snack dan treat salmon 70g dan Prama dog snack dan treat milk 70g juga membeli Prama dog snack dan treat beef 70g (support 0.010, confidence 0.737). Aturan-aturan ini dapat digunakan untuk membuat paket penjualan yang menarik. Misalnya, memberikan potongan harga untuk pembelian tiga Whiskas pouch 80g mackerel salmon dengan satu Whiskas pouch 80g grilled saba. Selain itu, dapat ditawarkan paket penjualan spesial untuk Prama dog snack dan treat beef 70g dan Prama dog snack dan treat salmon 70g, di mana setiap pembelian tiga produk dari setiap varian akan mendapatkan satu Prama dog snack dan treat milk 70g.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pet Shop, Data Mining, Analisis Pola Transaksi, Apriori, CRISP-DM, RapidMiner. |
Subjects: | Teknik Informatika > Enterprise Inf System |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 17:22 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 17:22 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29959 |
Actions (login required)
View Item |