SAPUTRA, ANDREAN (2009) PUSATPELATIHANDANPENGEMBANGANKETERAMPILANBAGIREMAJATUNAWISMADIYOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TA12211.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TA12211.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TA12211.pdf Download (404kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TA12211.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
||
Text (Bab IV)
4TA12211.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
||
Text (Bab V)
5TA12211.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TA12211.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Remaja merupakan “aset” penting bagi suatu Negara, termasuk Indonesia. Namun, seperti yang kita ketahui, banyak kaum remaja di Indonesia terutama di Yogyakarta menjadi tuna wisma (gelandangan). Padahal, di usia remaja mereka seharusnya masih perlu menerima pendidikan dan bimbingan. Usia remaja merupakan tingkat usia dimana kecepatan penangkapan seseorang dan penerimaan akan sesuatu berkembang pesat, termasuk daya cipta dan kreasinya. Maka, kaum remaja harus dilatih dan diberi rangsangan agar daya kreasi tersebut dapat tersalurkan dengan baik, begitu pula dengan karakter kreatif dan dinamisnya. Oleh karena itu, perlu dibangun Pusat Pelatihan dan Pengembangan Keterampilan Bagi Remaja Tuna Wisma di Yogyakarta. Pusat Pelatihan dan Pengembangan Keterampilan Bagi Remaja Tuna Wisma di Yogyakarta dirancang dengan mewujudkan ekspresi remaja yang kreatif dan dinamis ke dalam bangunan. Pencapaian wujud ekspresi kreatif dan dinamis tersebut ditampilkan pada pengolahan bentuk (wujud) bangunan, sirkulasi, dan tata ruang dalam bangunan. Dengan beradasarkan pada karakter kreatif yang terdapat di dalam diri para remaja, maka Tahapan Perkembangan Kreativitas dipilih sebagai pendekatan yang membantu mewujudnyatakan karakter remaja tersebut dalam bangunan Pusat Pelatihan dan Pengembangan Keterampilan Bagi Remaja Tuna Wisma di Yogyakarta. Karakter remaja yang kreatif dan dinamis yang ditampilkan pada pengolahan bentuk, sirkulasi, dan tata ruang dalam, diwujudkan dengan elemen – elemen penting dalam arsitektur yaitu : garis, warna, dan cahaya. Ketiga elemen ini diterapkan pada bentuk, ruang – ruang sirkulasi, serta ruang – ruang dalam yang telah dibagi dan dikelompokkan sesuai dengan karakter dari setiap tahapan perkembangan kreativitas. Karakter setiap tahap kemudian disesuaikan dengan karakteristik garis, warna, dan cahaya sehingga setiap tahap memilki karakteristik garis, warna, dan cahaya yang berbeda. Penggabungan karakter tahapan perkembangan kreativitas dan karakteristik ketiga elemen inilah yang membentuk dan mewujudkan karakter kreatif dan dinamis remaja ke dalam bangunan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Arsitektur > Bangunan Arsitektural Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 12 Jul 2013 10:58 |
Last Modified: | 12 Jul 2013 10:58 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/2998 |
Actions (login required)
View Item |