PERANCANGAN SHELTER CREATIVE CARE DI KABUPATEN SLEMAN DENGAN PENDEKATAN TEORI PENGGALANGAN

Basuki, Rizky Derian (2023) PERANCANGAN SHELTER CREATIVE CARE DI KABUPATEN SLEMAN DENGAN PENDEKATAN TEORI PENGGALANGAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Rizky Derian Basuki)
190117847_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190117847_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190117847_Bab 2.pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text
190117847_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
190117847_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
190117847_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86MB)

Abstract

iv ABSTRAK Kejahatan jalanan menjadi fenomena yang mengalami pasang-surut di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini diperkuat lantaran fenomena di lapangan, terdapat fakta bahwa beberapa pelaku kasus kejahatan jalanan merupakan orang yang sama. Dalam kata lain, terdapat residivis yang menandakan bahwa sejatinya belum ada pemecahan yang baik dalam mengatasi permasalahan sosial remaja ini. Penyebab dari hal tersebut cukup banyak, dimulai dari lingkungan pergaulan remaja hingga aspek hukum bagi anak dibawah umur yang kurang memberi efek jera bagi pelaku kejahatan jalanan (PKJ). Pemerintah provinsi D.I. Yogyakarta tidak tinggal diam dengan membuat program Jogja Creative Care (JCC). JCC direncanakan berdasar pada latar belakang maraknya problematika remaja & fenomena kenakalan atau kejahatan jalanan oleh remaja. Perancangan Shelter Creative Care (SCC) di Kabupaten Sleman ini dimaksudkan untuk mendukung program JCC menjadi rumah singgah bagi PKJ dan remaja terpapar kekerasan (RTK). Nantinya SCC dapat menjadi tempat singgah sementara bagi PKJ yang sedang menjalani masa proses penyidikan maupun pengadilan. Selain itu, SCC juga dapat menjadi tempat sementara untuk mengikuti program pengembangan rasa toleran bagi RTK yang terjaring oleh sekolah, masyarakat maupun kepolisian. Hasil dari perancangan SCC ini berupa desain bangunan arsitektur yang berfungsi sebagai akselerator bagi PKJ & RTK untuk kembali memiliki jiwa toleransi, utamanya pada penataan ruang dalam dan luar dengan pendekatan teori penggalangan. Hal ini memungkinkan, karena penggalangan memiliki tujuan untuk menciptakan dan mengubah kondisi sasaran (konteks kasus ini adalah PKJ & RTK) dalam waktu tertentu secara terencana, terarah dan terukur agar sasaran mau melakukan apa yang dikehendaki oleh penggalang (konteks kasus ini jajaran pemerintah provinsi DIY dan aparatur penegak hukum).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kejahatan, Jalanan, Shelter, Kreatif, Care, Remaja, Kekerasan, Penggalangan, Propaganda, Toleransi.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 22 Sep 2023 17:40
Last Modified: 22 Sep 2023 17:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/29997

Actions (login required)

View Item View Item