PENERAPAN USER-CENTERED DESIGN PADA PEMBUATAN DESAIN ANTARMUKA APLIKASI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS MOBILE

Yogiswara, Girisotya Iddo (2023) PENERAPAN USER-CENTERED DESIGN PADA PEMBUATAN DESAIN ANTARMUKA APLIKASI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS MOBILE. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Girisotya Iddo Yogiswara)
190710246_Bab 0.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710246_Bab 1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710246_Bab 2.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
190710246_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
190710246_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
190710246_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
190710246_Bab 6.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Tujuan membangun sebuah tampilan desain antarmuka adalah agar dapat mengorganisir dan mengartikulasikan kebutuhan pengguna dalam rangka mengembangkan produk digital. Hal ini bertujuan agar ketika produk diluncurkan, semua fitur yang telah direncanakan tidak menjadi sia – sia, sehingga produk dapat digunakan oleh sebagian besar pengguna. Tujuan tersebut mencakup kesesuaian antara ide, tujuan, fungsionalitas, dan pengalaman pengguna. Dengan menggunakan user centered design tentunya akan memudahkan dalam perancangan sebuah desain antarmuka. User centered design dikembangkan sejak 1980-an dengan kontribusi dari berbagai pakar desain. Pengertian user centered design (UCD) merupakan pendekatan dalam merancang produk, sistem, atau layanan yang berfokus pada kebuhan dan preferensi pengguna. UCD menempatkan pengguna sebagai titik pusat dalam proses perancangan, dengan tujuan utama untuk menciptakan pengalaman yang memenuhi harapan dan memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan produk yang telah dirancang. Laporan ini akan mengevaluasi penerapan user centered design (UCD) dalam merancang prototipe sebuah aplikasi. Setelah itu, aplikasi tersebut akan diuji dengan dua metode, yaitu usability testing menggunakan aplikasi Maze Design dan penggunaan system usability scale (SUS) dengan menyebarkan kuesioner sebagai acuan untuk menghasilkan evaluasi dari perancangan aplikasi yang telah dibuat

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: User Centered Design, Antarmuka Pengguna, Pengalaman Pengguna
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 29 Sep 2023 17:54
Last Modified: 29 Sep 2023 17:54
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30051

Actions (login required)

View Item View Item