ANALISIS FAKTOR KESUKSESAN FITUR TIKTOK SHOP PADA APLIKASI MEDIA SOSIAL TIKTOK MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN

Kadang, Bella Aresta (2023) ANALISIS FAKTOR KESUKSESAN FITUR TIKTOK SHOP PADA APLIKASI MEDIA SOSIAL TIKTOK MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Bella Aresta Kadang)
190710372_ Bab 0.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710372_ Bab 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190710372_ Bab 2.pdf

Download (131kB) | Preview
[img] Text
190710372_ Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
190710372_ Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[img] Text
190710372_ Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img]
Preview
Text
190710372_ Bab 6.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Saat ini masyarakat telah dimudahkan oleh teknologi dalam melakukan transaksi jual beli. Para pelaku usaha saat ini dapat bertransaksi menggunakan jaringan internet, atau yang dikenal sebagai e-commerce. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2021 tercatat sebanyak 2.361.423 usaha di Indonesia menggunakan e-commerce dalam melakukan transaksi. Ada banyak platform e- commerce yang dapat digunakan di Indonesia. Salah satunya adalah fitur TikTok Shop pada aplikasi media sosial TikTok. TikTok Shop cukup ramai di kalangan masyarakat. Pada tahun 2022, GMV (Gross Merchandise Value) atau total nilai barang yang dibeli pada TikTok Shop melebihi US$ 4,4 miliar atau sekitar Rp. 68 triliun di Asia Tenggara. Tentunya ada banyak faktor yang menjadi alasan dibalik kesuksesan dari TikTok Shop. Sehingga penelitian ini akan menganalisis apa saja faktor kesuksesan dari TikTok Shop menggunakan model Delone dan McLean. Selain itu, pada penelitian ini, kita juga akan mengetahui bagaimana hubungan antara keenam variabel yang ada pada model Delone dan McLean, yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih jika diterapkan pada fitur TikTok Shop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sehingga populasi dari penelitian ini merupakan mahasiswa perguruan tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta. Didapatkan sebanyak 400 sampel dan data dari sampel akan diolah menggunakan software SmartPLS 4. Pada SmartPLS 4, dilakukan beberapa pengujian pada data terlebih dahulu. Pengujian tersebut berupa uji validitas serta uji reliabilitas. Setelah kedua pengujian tersebut dilakukan dan memenuhi standar, maka uji hipotesis dapat dilakukan. Melalui penelitian ini, dapat diketahui bahwa besarnya penggunaan pada aplikasi TikTok Shop dipengaruhi oleh kualitas informasi serta kualitas layanan. Besarnya kepuasan pengguna dipengaruhi oleh kualitas sistem, kualitas informasi, dan penggunaan. Terakhir, manfaat bersih yang dirasakan oleh pengguna dapat dipengaruhi oleh besarnya penggunaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-commerce, TikTok Shop, faktor kesuksesan, model Delone dan McLean, SmartPLS 4
Subjects: Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 03 Oct 2023 17:19
Last Modified: 03 Oct 2023 17:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30078

Actions (login required)

View Item View Item