PERANCANGAN SISTEM INFORMASI STOK BARANG BERBASIS BARCODE DI PABRIK SEGAH PALM OIL MILL

LI, FRANSISKA SAVERIA CABRINI (2023) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI STOK BARANG BERBASIS BARCODE DI PABRIK SEGAH PALM OIL MILL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (FRANSISKA SAVERIA CABRINI LI)
19 06 10142 0.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 06 10142 1.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 06 10142 2.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text
19 06 10142 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
19 06 10142 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
19 06 10142 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19 06 10142 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB)
[img]
Preview
Text
19 06 10142 7.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PT Satu Sembilan Delapan atau biasa disebut dengan Segah Palm Oil Mill merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan dan pengolahan sawit. Perusahaan ini memiliki gudang di dalamnya atau biasa disebut sebagai gudang pabrik Segah Palm Oil Mill. Permasalahan yang sedang dihadapi oleh gudang pabrik yaitu terkait ketidaksesuaian sisa stok barang ada di kartu gudang dengan yang ada di lapangan. Ketidaksesuaian ini didasarkan karena perbedaan antara jumlah barang yang ada di kartu gudang dan di lapangan berbeda saat penutupan buku setiap akhir bulan. Tujuan serta critical success factor yang akan dicapai dari penelitian ini ialah mencari akar masalah dan merancang sebuah sistem dengan mempertimbangkan sistem yang dirancang mudah digunakan dimana saja. Terdapat empat masalah yang ditemukan dari analisis menggunakan fishbone diagram. Akar masalah yang dipilih ialah faktor manusia, barang stok, teknologi dan alat. Faktor manusia ini disebabkan karena jumlah karyawan yang ada di dalam gudang berjumlah 2 orang, sedangkan faktor barang stok disebabkan karena jumlah barang yang banyak mengikuti jumlah kartu gudang. Faktor selanjutnya ialah teknologi dan alat yang disebabkan oleh pencatatan barang yang ada di gudang masih dilakukan manual menggunakan buku dan tidak adanya alat yang digunakan dalam kegiatan pengecekan barang di gudang. Akar masalah ini akan diselesaikan menggunakan penyelesaian secara sistem informasi menggunakan metode System Development Life Cycle (SDLC). Metode System Development Life Cycle merupakan metode yang digunakan untuk pengembangan sistem informasi dari masalah yang didapat secara efektif. Tahapan yang ada dalam metode SDLC ini antara lain yaitu, tahapan perencanaan sistem, analisis sistem yang sudah direncanakan, perancangan sistem dalam dengan melakukan analisis objek, data, dan merancang user interface, selanjutnya tahapan implementasi sistem dengan melakukan uji coba. Tahapan terakhir dalam metode ini ialah pemeliharaan sistem dengan tujuan agar menjaga sistem untuk selalu beroperasi dengan baik dan benar. Hasil dari penelitian ini menghasilkan sistem informasi yang berbasis mobile android. Bahasa pemrograman yang dipakai yaitu dart dengan framework flutter. Diharapkan dengan adanya penelitian ini permasalahan ketidaksesuaian stok barang dapat terselesaikan dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Aplikasi Berbasis Mobile Android, System Development Life Cycle, Pencatatan Stok Barang
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 05 Oct 2023 15:15
Last Modified: 05 Oct 2023 15:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30121

Actions (login required)

View Item View Item