STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN USAHA RINTISAN SERFASH

PADMANABA, VINCENTIA LAURA ZEHN (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN USAHA RINTISAN SERFASH. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (VINCENTIA LAURA ZEHN PADMANABA)
180906550 0.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906550 1.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906550 2.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text
180906550 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
180906550 4.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Sepanjang tahunnya, terjadi ketimpangan antara jumlah lapangan pekerjaan dengan jumlah lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Ketimpangan ini mampu diatasi dengan memperbanyak lapangan pekerjaan, salah satunya dengan membangun usaha rintisan. Serfash merupakan salah satu usaha rintisan di bidang fashion thrift dengan garansi reparasi sepatu gratis yang pertama di Pulau Jawa. Sebagai usaha rintisan yang tergolong baru, Serfash masih perlu menerapkan berbagai strategi agar usaha berjalan dengan maksimal, salah satunya dengan menerapkan strategi komunikasi pemasaran. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait strategi komunikasi pemasaran pada usaha rintisan Serfash. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan subjek penelitian adalah dua pihak internal usaha rintisan Serfash, yakni CEO Serfash dan COO Serfash. Objek penelitian ini ialah strategi komunikasi pemasaran usaha rintisan Serfash. Teknik pengumpulan data pada penelitian ialah dokumentasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan, diantaranya: reduksi data, penyajian data, hingga penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa strategi komunikasi terbagi atas perumusan strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Berdasarkan hasil temuan dan analisis data, didapatkan kesimpulan bahwa strategi komunikasi pemasaran pada Serfash didapatkan dengan menyusun strategi Serfash melalui design thinking dengan didukung dengan konsep-konsep pendukung seperti IMC yang berproses atau berjalan secara bersamaan atau bersinergi dengan BMC. Proses pada IMC diharapkan dapat bekerja secara terintegrasi maksimal, namun pada kenyataanya ada beberapa poin yang tidak dapat bekerja secara bersamaan seperi bagian media marketing akan bekerja terlebih dahulu sebelum bagian publik relasi dapat bekerja secara maksimal. Selain itu, Serfash menitik beratkan segmen pada mahasiswa atau masyarakat menengah ke bawah dengan dengan kriteria trend terbaru. Dari poin diatas disimpulkan bahwa Serfash menggunakan komunikasi pemasaran dengan optimal dimana branding citra Serfash menggunakan elemen hard selling berupa garansi reparasi sepatu dan gratis cuci sepatu dan dengan menggunakan iklan, promosi, dan seasonal event digunakan sebagai bentuk strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Serfash.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, komunikasi pemasaran, usaha rintisan, Serfash
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 05 Oct 2023 21:03
Last Modified: 05 Oct 2023 21:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30128

Actions (login required)

View Item View Item