KOMUNIKASI INTERPERSONAL TELEMARKETING MULTIGUNA OFFICER (TMO CYCLE 2) DI DIGITAL OPERATION CENTER ASTRA CREDIT COMPANIES (ACC) DALAM MENGHADAPI GANGGUAN KOMUNIKASI DENGAN KONSUMEN

MARTHANINGAYU, ESTER ROOSTANTI (2023) KOMUNIKASI INTERPERSONAL TELEMARKETING MULTIGUNA OFFICER (TMO CYCLE 2) DI DIGITAL OPERATION CENTER ASTRA CREDIT COMPANIES (ACC) DALAM MENGHADAPI GANGGUAN KOMUNIKASI DENGAN KONSUMEN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ESTER ROOSTANTI MARTHANINGAYU)
180906689 0.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906689 1.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906689 2.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text
180906689 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img]
Preview
Text
180906689 4.pdf

Download (647kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus pada komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh TMO Cycle 2 ACC DOC sebagai telemarketer dalam menghadapi gangguan komunikasi dengan konsumen. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, yaitu pertama mendeskripsikan tahapan komunikasi interpersonal antara TMO Cycle 2 dan konsumen. Kedua, mengidentifikasi gangguan komunikasi yang dialami oleh TMO Cycle 2 di ACC DOC saat menawarkan produk melalui telepon kepada konsumen. Ketiga, mengetahui komunikasi interpersonal yang digunakan oleh TMO Cycle 2 di ACC DOC dalam menghadapi gangguan komunikasi dengan konsumen. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus dengan enam narasumber TMO Cycle 2. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah tahapan komunikasi interpersonal terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir. Pada tahapan komunikasi interpersonal terdapat gangguan komunikasi yang muncul, yaitu gangguan komunikasi internal, eksternal, dan campuran. Dalam menghadapi gangguan komunikasi tersebut, TMO Cycle 2 menerapkan komunikasi interpersonal yang berkaitan dengan etika komunikasi, sikap positif telemarketer, keterampilan berbicara, dan menerapkan fungsi personal selling. Namun demikian, berdasarkan hasil temuan data maka penelitian ini lebih merujuk pada penerapan komunikasi persuasi dalam menghadapi gangguan komunikasi. Komunikasi persuasi dilakukan dengan prinsip membujuk demi kepentingan dan membujuk untuk pemenuhan kebutuhan. Konsep persuasi juga dilakukan dengan teknik ganjaran dan pendekatan konsep AIDDA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Telemarketing, Gangguan Komunikasi, Komunikasi Interpersonal.
Subjects: Komunikasi > Komunikasi
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 6 uajy
Date Deposited: 06 Oct 2023 21:31
Last Modified: 06 Oct 2023 21:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30141

Actions (login required)

View Item View Item