Pratama, Albertus Haryo Davy (2023) PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE UNTUK PERBAIKAN SISTEM PENJUALAN DI PT. URBAN PLASTIK INDONESIA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Albertus Haryo Davy Pratama)
19 06 10189 0.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
19 06 10189 1.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
19 06 10189 2.pdf Download (649kB) | Preview |
|
|
Text
19 06 10189 3.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text
19 06 10189 4.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
||
Text
19 06 10189 5.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) |
||
Text
19 06 10189 6.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
19 06 10189 7.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
|
Text
19 06 10189 8.pdf Download (829kB) | Preview |
Abstract
PT. Urban Plastik Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di industri plastik. Perusahaan ini merupakan pabrik dan juga distributor untuk beberapa produk plastik. Berdasarkan wawancara dengan stakeholders (Managing Director, Staff Sales Marketing, Staff Finance, dan Customer), diketahui bahwa terdapat sejumlah permasalahan. Setelah dilakukan pemetaan masalah, ditemukan dua masalah yang saling terkait yakni menurunnya performa digital marketing, terutama sosial media, akibat kurangnya waktu staff untuk menanganinya. Hal ini disebabkan oleh waktu pelayanan manual kepada customer yang memakan waktu. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, dilakukan perancangan website e-commerce agar waktu pelayanan tereduksi, karena altenatif solusi lain seperti penambahan karyawan tidak dapat dilakukan. Perancangan website e-commerce ini bisa menggunakan beberapa metode, seperti waterfall, Unified Modelling Languange (UML), agile, dan sebagainya. Setelah melakukan analisis objektif, maka metode Unified Modelling Languange terpilih sebagai metode perancangan. Tahap pertama dalam metode ini adalah identifkasi kebutuhan yang dilakukan dengan menyebar kuesioner untuk mengetahui kebutuhan responden dalam website e-commerce. Tahap kedua adalah analisis diagram dengan menggunakan use case dan activity diagram, yang bertujuan untuk menggambarkan interaksi antar komponen dalam suatu sistem. Tahap ketiga adalah implementasi, dengan merancang website sesuai dengan kebutuhan customer. Hasil perancangan website e-commerce mengalami kendala, yakni integrasi dengan media pembayaran belum terintegrasi dengan sempurna, namun fitur lain yang dibutuhkan dari website tersebut terlah berfungsi dengan baik. Berdasarkan critical success factor yang ditetapkan, hasil implementasi website e-commerce belum mencapai nilai yang ditetapkan, namun tetap berhasil mereduksi waktu layanan. Nilai yang ditetapkan adalah 20%, sedangkan hasil rancangan yang diperoleh telah mampu menurunkan waktu layanan sebesar 11,51%. Tahapan terakhir dalam metode UML adalah pemeliharaan, yang diwujudkan dalam panduan maintenance website.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Penjualan, Website E-Commerce, Reduksi Waktu Layanan, Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS), Unified Modelling Languange (UML) |
Subjects: | Teknik Industri > Produksi |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 2 uajy |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 17:22 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 17:22 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30151 |
Actions (login required)
View Item |