PERENCANAAN INFRASTUKTUR JALAN DI DESA NGLANGGERAN KECAMATAN PATOK KABUPATEN GUNUNG KIDUL

Wijaya, Alan Mikha and Taro, Kefas Franklin and Saragih, Gery Meivo (2023) PERENCANAAN INFRASTUKTUR JALAN DI DESA NGLANGGERAN KECAMATAN PATOK KABUPATEN GUNUNG KIDUL. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Alan Mikha Wijaya, Kefas Franklin Surianto Taro dan Gery Meivo Saragih)
190217766 190217932 190217963_Bab 0.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190217766 190217932 190217963_Bab 1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190217766 190217932 190217963_Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
190217766 190217932 190217963_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
190217766 190217932 190217963_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
190217766 190217932 190217963_Bab 5.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Infrastuktur jalan sebagai sarana transportasi darat untuk mempermudah aktivitas sehari-hari dari satu tempat ketempat yang lainnya. Adanya perancangan infrastuktur jalan ini membantu kegiatan masyarakat dan dengan pembangunan jalan diharapkan dapat berfungsi sebagai penghubung bagi kendaraan yang melintas sebagaimana di tetapkan pada UU RI NO 38 Tahun 2004. Desa Nglanggeran adalah desa ekowisata terletak di Desa Ngalanggeran, Kecamatan Patuk, Daerah Istimewa Yogyakarta, tetapi memiliki akses jalan yang kurang memadai dikarenakan kendala geografis dengan adanya lembah dan pengunungan, maka dari itu perencanaan infrastuktur jalan ini dapat membantu membantu para wisatawan untuk berkunjung dan warga desa dapat memanfaatkan hal ini untuk mengembangkan potensi dan kreativitas untuk mendapatkan penghasilan. Perancangan Infrastuktur jalan di Desa Ngalanggeran yang dilakukan meliputi 4 bidang perancangan, yaitu geometri, perkerasaan, drainase dan daya dukung tanah stabilitas lereng dan timbunan geotek yang salin terkait satu sama lain. Perancangan jalan pada bidang transportasi dilakukan dengan merancang trase yang sesuai di koordinat A (454407.93 ; 9131800.51), B (458825.46 ; 9130559.16). Pembuatan desain ini menggunakan perangkat lunak berupa aplikasi Civil 3D dan Autocad Setelah mengetahui trase yang sesui harus menentukan tikungan yang sesuai dengan memperhatikan alinemen horizontal dan alinemen vertikal yang efisien. Pada trase juga menentukan timbunan dan galian yang evisien yakni timbunan dan galian yang mendekati nilai seimbang dan volume galian sedikit lebih besar, sehingga tidak perlu mendatangkan tanah untuk menimbun. Perancangan jalan pada bidang perkerasaan jalan merupakan bagian jalan raya yang diperkeras dengan agregat dan aspal atau semen (portland cement) yang berfungsi menentukan kelayakan dan ketebalan infrastuktur jalan agar mampu mendistribusikan beban atau fondasi lalu lintas di atasnya ke tanah dasar secara aman. Perancangan jalan pada bidang drainase untuk mencegah terjadinya genangan air di lahan, memastikan pembuangan yang efisien dari air hujan, dan melindungi properti dan lingkungan dari dampak negatif yang disebabkan oleh air yang tidak terkendali. Rancangan jalan memiliki saluran drainase yang memadai dan mampu menampung debit air yang melewati rancangan jalan. Pembuatan desain drainase menggunakan bantuan aplikasi perangkat lunak QGIS dan EPA SWMM Perancangan jalan pada stabilitas lereng galian dan timbunan untuk menentukan faktor aman setiap kedalaman dengan metode daya dukung yang sudah sesuai dengan analisis tersebut dan bantuan aplikasi perangkat lunak Geostudio

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perancangan Jalan, Infrastuktur, Alinemen, perkerasaan, drainase, daya dukung tanah, stablitas lereng dan timbunan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 11 Oct 2023 19:49
Last Modified: 11 Oct 2023 19:49
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30179

Actions (login required)

View Item View Item