PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI SERABI TOEGOE MENGGUNAKAN METODE SWOT-AHP DAN MARKETING MIX 4P

NAWITI, MIKAELA TITANIA (2023) PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI SERABI TOEGOE MENGGUNAKAN METODE SWOT-AHP DAN MARKETING MIX 4P. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MIKAELA TITANIA NAWITI)
19 06 10415 0.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 06 10415 1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 06 10415 2.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
19 06 10415 3.pdf

Download (354kB) | Preview
[img] Text
19 06 10415 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
19 06 10415 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
19 06 10415 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
19 06 10415 7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
19 06 10415 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img]
Preview
Text
19 06 10415 9.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Serabi Toegoe merupakan UMKM yang bergerak di bidang industri makanan. Permasalahan utama yang ditemui yaitu brand belum dikenal oleh masyarakat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Rendahnya awareness terhadap brand Serabi Toegoe tersebut dipengaruhi oleh sistem pemasaran yang digunakan saat ini yaitu hanya menitipkan produk ke tempat penitipan jajanan di pasar yang berada di area rumah produksi. Penitipan produk yang hanya berada di area rumah produksi tersebut disebabkan oleh keterbatasan SDM untuk melakukan pengantaran produk yang menyebar ke seluruh kabupaten di Provinsi DIY. Selain itu, terdapat faktor lain yang mempengaruhi rendahnya awareness masyarakat terhadap brand yaitu kurangnya informasi terkait dengan brand maupun produk sehingga masyarakat kurang mengenali Serabi Toegoe. Hal tersebut dikarenakan Serabi Toegoe belum melakukan promosi yang berpeluang untuk mampu memperkenalkan brand dengan jangkauan masyarakat yang lebih luas. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini adalah melakukan perancangan strategi promosi digital. Perancangan tersebut memiliki tujuan yang ingin dicapai yaitu meningkatkan awareness masyarakat terhadap brand Serabi Toegoe sehingga mampu mencapai critical success factor yang telah ditentukan. Critical success factor tersebut yakni meningkatkan brand awareness dari Serabi Toegoe dengan adanya kunjungan profil Instagram sebesar 100 akun dan terdapat minimal penjualan serabi sebanyak 100 pcs melalui media digital yang dirancang selama satu bulan. Perancangan solusi tersebut menggunakan metode SWOTAHP dan marketing mix 4P, serta tools yang digunakan adalah SMART dan STP. Perancangan strategi promosi digital dimulai dengan melakukan analisis kondisi pemasaran Serabi Toegoe dengan kompetitor menggunakan marketing mix 4P. Berdasarkan hasil perbandingan tersebut, maka langkah berikutnya melakukan identifikasi faktor SWOT. Hasil dari identifikasi faktor SWOT yang terdapat pada Serabi Toegoe tersebut kemudian digunakan untuk menentukan pengembangan alternatif strategi berdasarkan pengelompokkan atribut pada marketing mix 4P. Berdasarkan pengembangan alternatif strategi yang telah ditentukan tersebut, selanjutnya stakeholder melakukan perhitungan AHP pada setiap alternatif strategi sehingga diperoleh bobot tertinggi pada suatu strategi sehingga strategi tersebut yang akan dirancang untuk mencapai tujuan penelitian ini. Berdasarkan hasil dari pengembangan strategi terpilih tersebut, langkah berikutnya adalah mengambil data dengan menggunakan kuesioner dengan tujuan memperoleh hasil berupa preferensi responden terhadap promosi digital berupa preferensi penggunaan media sosial, harapan konten, preferensi penggunaan e-commerce, dan harapan adanya penjualan menggunakan media online. Hasil dari kuesioner tersebut akan digunakan untuk melakukan perancangan strategi promosi digital. Hasil implementasi dan pengamatan hasil implementasi yang dilakukan dari tanggal 8 Maret 2023 hingga 8 April 2023 menggunakan media sosial Instagram diperoleh hasil bahwa dengan adanya promosi digital tersebut terdapat pembelian sebesar 200 pcs dengan kunjungan profil sebesar 337 akun dan jangkauan akun setelah implementasi adalah sebesar 639 akun. Konten reels video menghasilkan jangkauan terbesar dibandingkan konten dengan media yang lain yaitu diperoleh jangkauan konten sebesar 205 akun. Selain itu juga terdapat pembelian produk melalui e-commerce yang telah dirancang yaitu sebesar 30 pcs serabi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Serabi Toegoe, Awareness, Promosi Digital, SWOT-AHP, Marketing Mix 4P.
Subjects: Teknik Industri > Produksi
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 13 Oct 2023 15:27
Last Modified: 13 Oct 2023 15:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30190

Actions (login required)

View Item View Item