Efendi, . (2023) STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN ABON DI UMKM DAUN EMAS MENGGUNAKAN METODE INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Efendi)
190610069 0.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
190610069 1.pdf Download (660kB) | Preview |
|
|
Text
190610069 2.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
190610069 3.pdf Download (229kB) | Preview |
|
Text
190610069 4.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text
190610069 5.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
Text
190610069 6.pdf Restricted to Registered users only Download (914kB) |
||
Text
190610069 7.pdf Restricted to Registered users only Download (846kB) |
||
Text
190610069 8.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
190610069 9.pdf Download (874kB) | Preview |
Abstract
UMKM Daun Emas merupakan UMKM yang bergerak sebagai produsen abon di Yogyakarta. Permasalahan pada UMKM Daun Emas adalah penjualan yang cenderung stagnan sehingga alat baru yang investasikan tidak dapat digunakan dengan maksimal. Pada paruh akhir tahun 2022 terdapat peningkatan penjualan dibandingkan dengan tahun lalu, peningkatan tersebut berasal dari penjualan konsinyasi dan reseller. Pada sisi lain penjualan di online marketplace justru mengalami penurunan yang drastis dari tahun sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan minimnya promosi online yang dilakukan oleh Daun Emas dan distribusi produk offline yang masih di daerah regional Yogyakarta. Berdasarkan permasalahan penjualan yang cenderung stagnan dan penjualan marketplace yang menurun, maka penelitian akan bertujuan untuk mengembangkan strategi untuk meningkatkan penjualan. Critical success factor yang akan dicapai adalah mendapatkan 10 pesanan dalam 1 bulan dari strategi yang akan digunakan. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan metode Integrated Marketing Communication (IMC) untuk melakukan suatu pemasaran digital. Metode IMC dapat mengintegrasikan beberapa kanal distribusi yang dimiliki oleh Daun Emas. Hasil dari penelitian ini mencapai critical success factor yaitu dengan mendapatkan 17 pesanan dari kanal-kanal yang digunakan. Kanal yang gunakan ada yang berperformansi baik dan juga ada yang tidak. Kanal yang berperformansi baik antara lain unggahan Instagram, iklan marketplace, story Whatsapp dan marketplace. Untuk kanal iklan Instagram tidak berperformansi dengan baik karena memerlukan biaya yang paling tinggi namun tidak menghasilkan penjualan. Sehingga dalam upaya peningkatan penjualan dapat dilakukan dengan menggunakan IMC untuk mendapatkan kombinasi atau integrasi antar kanal yang lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Integrated Marketing Communication (IMC), Peningkatan Penjualan, Digital Marketing, Produsen Abon |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Editor 2 uajy |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 16:45 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 16:45 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30218 |
Actions (login required)
View Item |