STUDIO TUGAS AKHIR ARSITEKTUR PERANCANGAN RUMAH BELAJAR DI KAWASAN NGUPASAN YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN PERILAKU

Pramasiwi, Diajeng Triananda (2023) STUDIO TUGAS AKHIR ARSITEKTUR PERANCANGAN RUMAH BELAJAR DI KAWASAN NGUPASAN YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN PERILAKU. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Diajeng Triananda Pramasiwi)
180117311_Bab 0.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180117311_Bab 1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180117311_Bab 2.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
180117311_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
180117311_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
180117311_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)

Abstract

Rumah Belajar dirancang guna meningkatkan pendidikan di kawasan kali code dapat memberikan wadah para siswa Sekolah Dasar melalui pendidikan nonformal di luar sekolah melalui rumah belajar gratis yang dikelola oleh yayasan yang peduli dengan tingkat pendidikan masyarakat menengah. Perancangan rumah belajar yang dapat didukung dengan bakat siswa guna mendukung kegiatan belajar mengajar pada pendidikan formal Para siswa yang tinggal di Kawasan Kali Code diperkenalkan supaya dapat membuar barbagai kerajinan dan juga cindramata. Tata massa bangunan yang utama menjadi bangunan yang menjadi inti yaitu para ruang pembelajaran siswa disesuaikan dengan perilaku para siswa yang dapat mempengaruhi letak tata massa bangunan. Perilaku siswa yang dapat mendukung perancangan dan penentuan letak tata massa diantaranya, anak senang bermain, anak senang bergerak, anak usia SD senang belajar kelompok, dan anak senang merasakan sesuatu secara langsung. Peletakkan massa utama yang terdapat kelas pembelajaran dan juga kelas kesenian lukis dan kesenian kerajinan. Pemilihan kelas kesenian lukis dan kesenian kerajinan berasal dari latar belakang para siswa yang tinggal di Kawasan tersebut diajarkan oleh orang tua mereka dapat membantu berjualan hasil kerajinan tangan. Menunjukkan bahwa Pendidikan formal dapat mendukung pembelajaran siswa melalui bakat. Pengelompokan massa yang dibagi menjadi empat bangunan dengan pengelompokan massa sesuai dengan fungsinya dapat membuat cluster pada massa bangunan supaya terlihat massa lebih rapih dan teratur secara komposisi. Dengan dukungan area terbuka hijau yang dapat digunakan sebagai area bermain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Rumah Belajar, perilaku, tata massa, bakat siswa
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 16 Oct 2023 20:18
Last Modified: 16 Oct 2023 20:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30231

Actions (login required)

View Item View Item