PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PERUMAHAN TAPAK SEDERHANA DI KECAMATAN SEDAYU, KABUPATEN BANTUL, D.I YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU

Kwee, C.Theodoru Stephan Lucky Aprilia (2023) PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PERUMAHAN TAPAK SEDERHANA DI KECAMATAN SEDAYU, KABUPATEN BANTUL, D.I YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (C.Theodoru Stephan Lucky Aprilia Kwee)
190117719_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
190117719_Bab 1.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190117719_Bab 2.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
190117719_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
190117719_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
190117719_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
190117719_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota dengan perkembangan terpesat di Indonesia dan bahkan bisa menjadi salah satu kota metropolitan dengan kekhasannya. Kota Yogyakarta merupakan kota Pelajar, dimana banyak orang orang yang memutuskan untuk mencari ilmu di tempat ini. Tidak sedikit juga dari mereka yaang menjadikan Kota ini tempat untuk mencari pekerjaan sehari – hari setelah lulus persekolahan. Hal tersebut yang memberi dampak besar terhadap perkembangan kawasan dan memicu pertumbuhan penduduk. Perkembangan tersebut memberi dampak terhadap lingkungan yang di kota Yogyakarta yaitu, polusi udara, berkurangnya ruang terbuka hijau, menurunnya kualitas air tanah, serta sampah yang belum mampu tertampung secara penuh. Dengan adanya penurunan kualitas ini maka perlu adanya solusi penanganan pertambahan penduduk, peningkatan ekonomi, maupun permasalahan lingkungan yang tepat agar tidak menjadi masalah di masa depan. Hal ini tak lain adalah karena perilaku manusia. Perumahan tapak dengan pendekatan arsitektur perilaku akan menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan ini. Rumah Tapak ini dipilih karena kebutuhan rumah yang meningkat dimana dilihat berdasarkan backlog kebutuhan perumahan sendiri meningkat di iringi dengan meningkatnya kepadatan penduduk di D.I Yogyakarta. Aspek utama pendekatan perilaku adalah dengan menciptakan lingkungan sosial yang positif yang dapat membaurkan perilaku pengguna pendatang dengan lingkungan tapak itu sendiri, kemudian pendekatan arsitektur perilaku diharapkan dapat menciptakan layout yang Aspek tersebut menjadi parameter penentuan strategi desain yang diolah melalui tata ruang luar dan tata ruang dalam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perumahan Tapak, Perencanaan, Perancangan, Arsitektur Perilaku, Kebutuhan Rumah, Peningkatan Penduduk.
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 19 Oct 2023 16:38
Last Modified: 19 Oct 2023 16:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30266

Actions (login required)

View Item View Item