PERANCANGAN KULON PROGO TOURISM GALLERY DI KECAMATAN SENTOLO DENGAN PENDEKATAN UNIVERSAL DESIGN

Kusumajati, Aurelia Tita (2023) PERANCANGAN KULON PROGO TOURISM GALLERY DI KECAMATAN SENTOLO DENGAN PENDEKATAN UNIVERSAL DESIGN. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Aurelia Tita Kusumajati)
190117891_Bab 0.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190117891_Bab 1.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190117891_Bab 2.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
190117891_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img] Text
190117891_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
190117891_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
190117891_Bab 6.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Kulon Progo merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini didukung dengan kondisi geografisnya yang beragam, dimulai dari dataran tinggi di bagian utara hingga pantai di bagian selatan. Menurut Badan Pusat Statistik Kulon Progo, pada tahun 2020, sektor pariwisata Kabupaten Kulon Progo mengalami perekembangan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari adanya penambahan jumlah objek daya tarik wisata dan sarana penunjangnya. Perkembangan ini didorong oleh adanya pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA). Hal ini membuat Kulon Progo menjadi ‘gerbang pariwisata’ yang baru bagi Yogyakarta. Perkembangan ini terus berlanjut seiring membaiknya keadaan pariwisata pasca pandemi dan keadaan YIA yang semakin aktif beroperasi. Perkembangan keadaan pariwisata ini harus didukung dengan perbaikan dan penambahan infrastruktur, salah satunya adalah fasilitas pariwisata yang dapat dinikmati wisatawan yang berkunjung ke Kulon Progo. Banyaknya objek wisata yang ada di Yogyakarta, termasuk Kulon Progo, sering kali membuat wisatawan tidak memiliki cukup banyak waktu untuk mengunjungi banyak objek wisata dalam satu waktu perjalanan. Oleh karena itu, Kulon Progo Tourism Gallery akan menghimpun berbagai objek wisata lokal dan informasi pariwisata yang akan disajikan dengan memanfaatkan teknologi kreatif sebagai media penyampaian informasi. Kecamatan Sentolo dipilih sebagai lokasi perancangan Tourism Gallery karena hal ini sejalan dengan strategi pengembangan Kawasan Pembangunan Pariwisata Daerah (KSPD Sermo-Clereng-Wates) pada Rencana Strategis Kecamatan Sentolo 2017-2022. Kecamatan Sentolo memiliki menyediakan fasilitas yang mendukung pembangunan dan pengembangan pariwisata. Salah satu program yang dilakukan untuk promosi pariwisata adalah penyediaaan informasi pariwisata ke pusat pelayanan informasi pariwisata. Strategi yang dilakukan adalah dengan mengembangkan Tourism Gallery yang merupakan gabungan dari tipologi City Gallery, Tourist Information Center, dan Art Gallery di Kawasan Sentolo Baru. Dengan pendekatan universal design, bangunan ini dapat menjadi fasilitas pariwisata yang dapat digunakan oleh semua kalangan wisatawan yang berkunjung ke Kulon Progo. Hadirnya Kulon Progo Tourism Gallery dapat menjadi salah satu fasilitas pariwisata yang mendukung berkembangnya sektor pariwista Kulon Progo. Bangunan ini diharapkan dapat menjadi salah satu fasilitas pariwisata yang menghimpun berbagai model objek wisata dan potensi Kulon Progo serta menjadi icon dan sarana promosi pariwisata lokal. Dengan demikian Kulon Progo Tourism Gallery dapat mewadahi wisatawan yang ingin menjelajahi Kulo Progo dengan waktu singkat dan dalam satu lokasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tourism Gallery, Pusat Informasi, Digitalisasi Pariwisata, Universal Design, dan Wisata Perkotaan
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 20 Oct 2023 20:24
Last Modified: 20 Oct 2023 20:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30287

Actions (login required)

View Item View Item