PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BLOOMERY PATISSERIE

Magang, Sintikhe Mona Larisa (2023) PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BLOOMERY PATISSERIE. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Sintikhe Mona Larisa Magang)
160906114_Bab 0.pdf

Download (954kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906114_Bab 1.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160906114_Bab 2.pdf

Download (893kB) | Preview
[img] Text
160906114_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[img]
Preview
Text
160906114_Bab 4.pdf

Download (720kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media sosial mencakup banyak aspek mulai dari kepentingan personal hingga korporat. Dari beragamnya pengguna dengan segala latar belakang pemilihan Instagram sebagai media untuk bersosialisasi di dunia maya, diperlukan aspek-aspek yang menjadi dasar atau fondasi pengelolaan media sosial terutama jika berkaitan dengan penggunaan media sosial suatu organisasi, korporasi atau perusahaan dan bisnis, yaitu aspek audiences dan purpose. Berkaitan dengan kedua aspek di atas maka di dalam media sosial itu harus ada pengeloalaan yang dilakukan agar dapat mencapai perkembangan dan tujuan-tujuan dari penggunaan media sosial. Penelitian ini membahas tentang pengelolaan media sosial Instagram Bloomery Patisserie. Dari perkembangan yang dialami akun Instagram toko dessert ini, maka akan diteliti bagaimana pengelolaan media sosial yang dilakukan sehingga memiliki perkembangan yang ada, mulai dari perencanaan dan penjadwalan pembuatan konten, pengungahan konten, dan monitoring serta evaluasi konten. Metode penelitian ini ialah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, lalu wawancara dengan divisi online marketing yang melakukan pengelolaan media sosial Instagram Bloomery Patisserie, yaitu: social media manager, creative designer, dan photographer, dan observasi pada akun Instagram Bloomery Patisserie sebagai proses dalam mengumpulkan data. Dari hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti, bahwa dalam pengelolaan media sosial Instagram, divisi online marketing yang terdiri dari social media manager, creative designer, dan photographer, selalu mengawali pengelolaan media sosial dengan melakukan weekly meeting pada hari Senin untuk melakukan brainstorming konten yang akan diunggah di Instagram, mengupdate jadwal mingguan seluruh anggota divisi yang dicantumkan pada board trello, dan melakukan monitoring postingan konten hari sebelumnya agar dapat mengevaluasi hal-hal tertentu yang ditemui dari insight suatu konten yang diunggah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa pengelolaan media sosial Instagram yang dilakukan oleh divisi online marketing, melalui langkah-langkah pengelolaan, dimulai dari brainstorming, scheduling, olah konten, pengumpulan dan pengunggahan konten, serta monitoring dan evaluasi. Dari langkah-langkah tersebut maka media sosial Instagram Bloomery Patisserie dapat mencapai perkembangan seperti yang dialami sampai sekarang ketika penelitian ini dilakukan. Saran yang diberikan adalah agar Bloomery Patisserie dapat memaksimalkan semua fitur di Instagram yang belum di maksimalkan seperti fitur live Instagram.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, Pengelolaan Media Sosial.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Oct 2023 16:38
Last Modified: 25 Oct 2023 16:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30307

Actions (login required)

View Item View Item