EFEKTIVITAS IKLAN “TOKOPEDIA X BTS: BELANJA? TOKOPEDIA SAJA” BERDASARKAN METODE CUSTOMER RESPONSE INDEX DENGAN KONSEP AISAS (Studi Deskriptif Kuantitatif terhadap Penonton Iklan “TOKOPEDIA X BTS: Belanja? Tokopedia Saja” di Youtube)

Fan, Louis Sanders Ananta (2023) EFEKTIVITAS IKLAN “TOKOPEDIA X BTS: BELANJA? TOKOPEDIA SAJA” BERDASARKAN METODE CUSTOMER RESPONSE INDEX DENGAN KONSEP AISAS (Studi Deskriptif Kuantitatif terhadap Penonton Iklan “TOKOPEDIA X BTS: Belanja? Tokopedia Saja” di Youtube). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Louis Sanders Ananta Fan)
180906708_Bab 0.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906708_Bab 1.pdf

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906708_Bab 2.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text
180906708_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img]
Preview
Text
180906708_Bab 4.pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Berkembangnya teknologi juga diikuti oleh perkembangan periklanan. Hadir nya berbagai macam media semakin mempermudah banyak industri yang salah satunya e- commerce untuk mengiklankan produk yang ditawarkan. Salah satu industri e-commerce yang ikut memanfaatkan media sebagai tempat mengiklan adalah Tokopedia. Bagi Tokopedia, iklan tidak sekedar berperan untuk memasarkan produk tapi juga mampu meningkatkan jumlah kunjungan aplikasi. Sepanjang tahun 2019 sampai dengan 2021, tercatat Tokopedia berhasil memperoleh peningkatan jumlah pengunjung aplikasinya sebesar 83 juta. Salah satu iklan yang dimaksud berjudul “TOKOPEDIA X BTS: Belanja? Tokopedia Saja” yang diunggah di kanal Youtube Tokopedia. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui EFEKTIVITAS IKLAN “TOKOPEDIA X BTS: Belanja? Tokopedia Saja” BERDASARKAN METODE CRI DENGAN KONSEP AISAS. Penelitian ini diikuti oleh 100 responden dari penonton iklan “TOKOPEDIA X BTS: Belanja? Tokopedia Saja” di Youtube yang berada di rentang usia 19-34 tahun dan sudah menonton iklan terkait sebagai sampel penelitian. Adapun penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan diukur dengan metode Customer Response Index yang mengaplikasikan konsep AISAS. Nantinya akan terbentuk 4 model pada respon yang diberikan penonton iklan seperti AIS, AISS, AISAS dan AIAS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa iklan “TOKOPEDIA X BTS: Belanja? Tokopedia Saja” kurang efektif jika diuji dari 4 model CRI AISAS seperti AIS, AISS, AISAS, AIAS karena hanya memperoleh nilai efektivitas masing-masing sebesar 18%, 10%, 4% dan 8%. Adapun, iklan kurang efektif jika digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung karena hanya memperoleh nilai respon Action sebesar 4%. Iklan “TOKOPEDIA X BTS: Belanja? Tokopedia Saja” justru teruji lebih efektif untuk meningkatkan identitas brand dan daya tarik konsumen terhadap brand karena berhasil memperoleh nilai efektivitas yang masing-masingnya sebesar 72%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efefktivitas Iklan, Peningkatan Jumlah Pengunjung, CRI, AISAS
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Oct 2023 17:00
Last Modified: 25 Oct 2023 17:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30310

Actions (login required)

View Item View Item