PROSES PENGOLAHAN PESAN PERSUASIF OLEH PENONTON PADA VIDEO KAMPANYE “ANIMASI CEGAH STUNTING” (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Proses Pengolahan Pesan Persuasif Pada Video Kampanye “Animasi Cegah Stunting” Oleh Delapan Warga Masyarakat Kecamatan Ungaran Timur Menggunakan Teori Elaboration Likelihood Model)

Hapsari, Ajeng Ayu (2023) PROSES PENGOLAHAN PESAN PERSUASIF OLEH PENONTON PADA VIDEO KAMPANYE “ANIMASI CEGAH STUNTING” (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Proses Pengolahan Pesan Persuasif Pada Video Kampanye “Animasi Cegah Stunting” Oleh Delapan Warga Masyarakat Kecamatan Ungaran Timur Menggunakan Teori Elaboration Likelihood Model). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Ajeng Ayu Hapsari)
180906743_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906743_Bab 1.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906743_Bab 2.pdf

Download (646kB) | Preview
[img] Text
180906743_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB)
[img]
Preview
Text
180906743_Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengolahan pesan persuasif oleh penoton pada video kamapanye Animasi Cegah Stunting. Kasus anak stunting di Indonesia masih tergolong kronis oleh karena itu pemerintahan Jokowi menunjuk BKKBN untuk melakukan program penurunan persentase angka anak stunting di Indonesia. Program yang dilaksanakan salah satunya membuat video kampanye untuk mengajak masyarakat agar melakukan pencegahan stunting. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Elaboration Likelihood Model. Objek Penelitian ini adalah video kampanye “Animasi Cegah Stunting” pada akun YouTube BKKBN Official. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Subjek dalam penelitian ini delapan warga masyarakat Kecamatan Ungaran Timur. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan interpertasi data. Hasil ahkir dari penelitian ini menyimpulkan bahwa proses pengolahan pesan persuasif pada video kampanye “Animasi Cegah Stunting” sebagian besar dilakukan oleh warga Kecamatan Ungaran Timur menggunakan peripheral route. Tahap proses pengolahan pesan yang paling menentukan dalam penelitian ini adalah Ability to Process. Kemampuan mengolah pesan sebagian besar warga masyarakat Kecamatan Ungaran Timur rendah yang dikarenakan tidak adanya pengetahuan sebelumnya terkait pencegahan stunting dan tidak adanya penyuluhan secara langusng dari pemerintah Desa Setempat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses Pengolahan Pesan, Pencegahan Stunting, Video Kampanye
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 25 Oct 2023 18:03
Last Modified: 25 Oct 2023 18:03
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30313

Actions (login required)

View Item View Item