HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI DENGAN PENILAIAN MASYARAKAT BINAAN TERHADAP KEBERHASILAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY 2022 PT. SEMEN INDONESIA PABRIK TUBAN, TBK

Sinta, Clara Kumala (2023) HUBUNGAN ANTARA MINAT DAN MOTIVASI DENGAN PENILAIAN MASYARAKAT BINAAN TERHADAP KEBERHASILAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY 2022 PT. SEMEN INDONESIA PABRIK TUBAN, TBK. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Clara Kumala Sinta)
181006738_Bab 0.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181006738_Bab 1.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181006738_Bab 2.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
181006738_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
181006738_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Model pembangunan yang tepat untuk menanggulangi kemiskinan adalah pendekatan desentralisasi, yaitu pendekatan yang berpusat pada masyarakat. Model pembangunan tersebut lebih menekankan pada pemberdayaan, dengan cara memusatkan pemikiran dan program kebijakan pada kondisi masyarakat lokal, untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat sendiri dan untuk memecahkan masalah-masalah di tingkat individual, keluarga bahkan komunitas. Selain pemerintah, perusahaan merupakan salah satu stakeholder yang berperan dalam pembangunan. Corporate Social Responsibilty (CSR) merupakan upaya perusahaan untuk menyeimbangkan pencapaian tujuan, dengan pengelolaan masyarakat (people) dan ekologi (planet) secara transparan dan etis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara minat dan motivasi dengan penilaian masyarakat terhadap keberhasilan program CSR PT. Semen Indonesia Pabrik Tuban, tbk. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode asosiatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuesioner sejumlah responden. Pemilihan responden menggunakan teknik cluster random sampling. Cara analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi product moment pearson, uji chi-square dan uji korelasi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat (X1) mempunyai hubungan secara signifikan terhadap keberhasilan program CSR (Y). Didapatkan nilai statistik korelasi (pearson correlation) sebesar 0,830 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 yang artinya hubungan antara “minat” dengan “keberhasilan program CSR” sangat erat. Kemudian, motivasi (X2) mempunyai hubungan secara signifikan terhadap keberhasilan program CSR (Y), ditunjukkan dengan nilai statistik korelasi (pearson correlation) sebesar 0,755 dan nilai sig. 0,000 < 0,05 yang artinya hubungan antara “motivasi” dengan “keberhasilan program CSR” cukup erat. Secara bersama-sama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel minat dan motivasi terhadap variabel keberhasilan program binaan CSR. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan nilai korelasi (R) sebesar 0,837 yang menunjukkan bahwa hubungan sangat kuat atau sangat tinggi antara variabel minat dan motivasi terhadap program keberhasilan program.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Minat, Motivasi, Keberhasilan Program CSR, Kuantitatif
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 26 Oct 2023 16:33
Last Modified: 26 Oct 2023 16:33
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30315

Actions (login required)

View Item View Item