Ravim, Gratcya Francoice Therese Teku (2023) PENGARUH BRAND AWARENESS LA MORINGA INDONESIA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kuantitatif Eksplanatif Pada Followers Akun Instagram @la_moringantt). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
|
Text (Gratcya Francoice Therese Teku Ravim)
190906839_Bab 0.pdf Download (948kB) | Preview |
|
|
Text
190906839_Bab 1.pdf Download (880kB) | Preview |
|
|
Text
190906839_Bab 2.pdf Download (899kB) | Preview |
|
Text
190906839_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
||
|
Text
190906839_Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand awareness La Moringa Indonesia terhadap minat beli konsumen. Objek La Moringa Indonesia dipilih karena merupakan brand lokal khas Nusa Tenggara Timur yang baru berdiri pada akhir tahun 2019 dan merupakan salah satu brand yang berhasil melaksanakan program Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur yaitu kelorisasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya data yang menunjukkan bahwa La Moringa Indonesia mengklaim brand ini merupakan Pelopor Kelor NTT No. 1 di Nusa Tenggara Timur dan Pelopor Pastry, Eatery dan Gelato berbahan dasar kelor pertama di Indonesia. Selain itu, La Moringa Indonesia juga menggunakan slogan dalam bahasa Kupang dan perpaduan bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Kupang untuk nama produknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah survei dengan instrumen kuesioner, dan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu nonprobabilitas sampling sebanyak 100 responden yang merupakan followers akun Instagram @la_moringantt. Kuesioner penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan melakukan statistik deskriptif, uji korelasi, uji regresi linear sederhana dan crosstabulation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel bebas yaitu brand awareness La Moringa Indonesia terhadap variabel terikat yaitu minat beli konsumen. Berdasarkan hasil uji korelasi menunjukkan nilai 0,244, yang masih tergolong dalam tingkat hubungan yang lemah atau rendah. Hasil uji regresi linear sederhana yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat hubungan dan pengaruh dari variabel brand awareness La Moringa Indonesia terhadap variabel minat beli konsumen, meskipun dengan nilai korelasi dan kontribusi pengaruh yang rendah, namun hal ini akan meningkat secara signifikan apabila terjadi peningkatan pada indikator - indikator brand awareness yaitu top of mind dan brand recognition. Tingkat pengaruh yang rendah ini dikarenakan konsumen La Moringa Indonesia hanya mencapai tingkat brand recall untuk membentuk kesadaran mereknya. Nilai koefisien regresi variabel bebas yaitu brand awareness La Moringa Indonesia sebesar 0,032. Hal ini menunjukkan bahwa setiap penambahan atau kenaikan brand awareness sebesar 1% maka akan terjadi peningkatan minat beli konsumen sebesar 0,032%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Brand Awareness, Minat Beli Konsumen |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor 3 uajy |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 17:43 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 17:43 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30319 |
Actions (login required)
View Item |