ANALISIS KINERJA TERMINAL LEUWI PANJANG KOTA BANDUNG

SIJABAT, JERIKO PILIP (2009) ANALISIS KINERJA TERMINAL LEUWI PANJANG KOTA BANDUNG. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS10246.pdf

Download (288Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS10246.pdf

Download (407Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS10246.pdf

Download (59Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS10246.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS10246.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS10246.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TS10246.pdf

Download (924Kb)

Abstract

Kegiatan angkutan umum selalu diawali dan diakhiri di terminal. Terminal merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam perencanaan operasional angkutan umum itu sendiri. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terminal tersebut masih mampu melayani angkutan umum yang masuk khususnya terkait dengan kinerja terminal mengenai ruang kendaraan, ruang pemakai jasa, dan ruang operasional, untuk dapat melayani arus kendaraan Antar Kota Antar Propinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP), Angkutan Kota (ANGKOT), yang masuk serta keluar Terminal Leuwi Panjang Bandung agar dapat optimal. Penelitian dilakukan dengan metode survey untuk mengambil data primer yang berupa time Headway (selang waktu antar kendaraan), volume kendaraan, waktu tunggu rerata kendaraan (Wtr), luasan parkir kendaraan dan fasilitas yang ada di Terminal Leuwi Panjang Bandung pada hari Sabtu, 20 Juni 2009, Minggu 21 Juni 2009, Senin, 22 Juni 2009. Time Headway dan waktu tunggu rerata untuk Bus AKAP 2,03 menit dan Wtr 5,32 menit, Bus AKDP Besar 3,29 menit dan Wtr 5,57menit, Bus Sedang 3,99 menit dan Wtr 7,44 menit, ANGKOT 3,27 menit dan Wtr 4,33 menit. Dari nilai Headway rerata didapat luas parkir kendaraan sebesar 274 m2, yang terdiri dari : AKAP 126 m2, AKDP 108 m2, Angkot 20 m2, dan Mobil Pribadi 20 m2 Sedangkan hasil analisis menggunakan nilai waktu tunggu rerata terbesar maka didapat luas ruang parkir sebesar 240 m2, yaitu terdiri dari : AKAP 126 m2, AKDP 54 m2, ANGKOT 40 m2 , dan Mobil Pribadi 20 m2. Luas keseluruhan Terminal Leuwi Panjang 15.545,43 m2, mempunyai luas efektif 9.221,43 m2 dan luas ruang tidak efektif 6324 m2. Maka hasil analisis menggunakan nilai Headway dan menggunakan nilai waktu tunggu rerata terbesar menunjukan luas parkir yang ada saat ini masih cukup memadai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Time Headway, Lay Out, Waktu Tunggu Rerata (Wtr), Antar Kota Antar Popinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Propinsi (AKDP), Angkutan Kota (ANGKOT), Mobil pribadi.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Jul 2013 10:19
Last Modified: 15 Jul 2013 10:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3032

Actions (login required)

View Item View Item