KAJIAN GAYA HIDUP SOSIAL ANAK MUDA PENGGEMAR COFFEE SHOP (Studi Kasus Pada Coffee Shop “UD MITRA” di Sleman, Yogyakarta)

Gunawan, Indra (2023) KAJIAN GAYA HIDUP SOSIAL ANAK MUDA PENGGEMAR COFFEE SHOP (Studi Kasus Pada Coffee Shop “UD MITRA” di Sleman, Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Indra Gunawan)
161006088_Bab 0.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
161006088_Bab 1.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
161006088_Bab 2.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text
161006088_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img]
Preview
Text
161006088_Bab 4.pdf

Download (482kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai gaya hidup sosial anak muda penggemar coffee shop, yang merupakan penelitian studi kasus pada coffee shop UD Mitra Yogyakarta. Gaya hidup masyarakat Indonesia dapat dilihat dari kehidupan sehari- hari, seperti budaya berkumpul dengan teman dan tetangga, budaya saling membantu, budaya saling mengundang, dan sebagainya yang perkembangannya terus terjadi seiring terjadinya globalisasi. Gaya hidup ini berkaitan dengan citra diri untuk merefleksikan status sosial individu tersebut yang menggambarkan ”keseluruhan diri seseorang” dalam berinteraksi di dunia. Pilihan gaya hidup menjadi bagian yang penting dalam penyusunan identitas diri individu. Salah satunya adalah kebutuhan hedonis menjadikan setiap individu berlomba-lomba menunjukkan jati diri. Kebutuhan tersebut mencakup beberapa hal seperti rumah, ruang kerja, fashion, pola makan, dan tempat waktu luang. Hedonis merupakan bagian dari kesenangan, dimana kesenangan adalah keindahan tertinggi. Hal tersebut mempunyai dampak terhadap perubahan yang sangat besar bagi masyarakat Indonesia. Salah satu gaya hidup yang nyata saat ini adalah gaya hidup membeli kopi atau menongkrong di coffee shop Penulisan kajian gaya hidup sosial anak muda yang menggemari coffee shop menjadi topik utama dalam penelitian ini. Peneliti mengkaji apa saja aktivitas anak muda di coffee shop UD Mitra sehingga membentuk gaya hidup, dan apa saya pengaruh aktivitas anak muda di coffee shop UD Mitra terhadap perilaku sosial anak muda di lungkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Gaya hidup penggemar coffee shop UD Mitra direpresentasikan dari beberapa aspek terutama sikap dan motif, dan erilaku pengunjung coffee shop UD Mitra dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti sosiologis, lingkungan fisik, budaya, dan faktor psikologis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sosiologi, Gaya Hidup, Coffee Shop
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 30 Oct 2023 17:17
Last Modified: 30 Oct 2023 17:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30335

Actions (login required)

View Item View Item