IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP ORGANISASI OLEH KOMUNITAS RUMAH KARYA INDONESIA DALAM MELAKUKAN CARA PROMOSI DAN PUBLIKASI UNTUK FESTIVAL 1000 TENDA KALDERA TOBA 2022 DI MEAT

Tampubolon, Yosua Albert (2023) IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP ORGANISASI OLEH KOMUNITAS RUMAH KARYA INDONESIA DALAM MELAKUKAN CARA PROMOSI DAN PUBLIKASI UNTUK FESTIVAL 1000 TENDA KALDERA TOBA 2022 DI MEAT. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Yosua Albert Tampubolon)
181006800_Bab 0.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181006800_Bab 1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
181006800_Bab 2.pdf

Download (370kB) | Preview
[img] Text
181006800_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
181006800_Bab 4.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Mengelola organisasi tentunya tidak semudah yang kita bayangkan, apalagi mempunyai suatu perkumpulan yang memiliki resource sumber daya manusia yang cukup banyak. Selain kita harus dapat membentuk sebuah mekanisme yang pas, kita juga banyak menghadapi bentuk manusia yang sangat berbeda dari satu dan yang lainnya. Dalam penelitian kali ini penulis ingin menganalisa implementasi prinsip-prinsip organisasi yang dilakukan oleh komunitas Rumah Karya Indonesia dalam pembentukan panitia event 1000 Tenda Kaldera Toba Festival di Meat pada tahun 2022. Selain itu juga, penulis menganalisa bagaimana event marketing yang dilakukan oleh tim publikasi event ini untuk tujuan publikasi dan promosi. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, dengan menggunakan konsep peneliti menjadi instrumen utama dalam mengumpulkan data yang dapat berhubungan langsung dengan instrumen atau subjek penelitian. Dalam menemukan informan atau narasumber penulis mengelompkkan siapa saja yang termasuk dalam informan kunci, informan utama, dan informan tambahan, dari pengelompokkan tersebut penulis memasukkan ketua pelaksana sebagai informan tambahan, coordinator divisi sebagai informan utama, dan dua anggota divisi publikasi sebagai informan kunci. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa Rumah Karya Indonesia menggunakan prinsip-prinsip organisasi saat pembentukan panitia dan menggunakan mekanisme prinsip-prinsip organisasi dalam melaksanakannya. Selain itu juga ditemukan jika divisi publikasi dalam event ini menjadikan tiga prinsip event marketing yang dijadikan acuan yaitu untuk menghibur, memberikan kesan, serta memberikan peluang untuk lebih kreatif pada anggota divisi dalam melakukan upaya event marketing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prinsip-prinsip Orgnasinasi, Rumah Karya Indonesia, Event Marketing
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 31 Oct 2023 16:50
Last Modified: 31 Oct 2023 16:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30347

Actions (login required)

View Item View Item