INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN DINAS SOSIAL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi tentang Indeks Kepuasan Anggota KUBE Lestari Budaya terhadap Pelayanan Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta)

Pasaribu, Anggiat (2023) INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN DINAS SOSIAL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi tentang Indeks Kepuasan Anggota KUBE Lestari Budaya terhadap Pelayanan Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Anggiat Pasaribu)
191007092_Bab 0.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191007092_Bab 1.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
191007092_Bab 2.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text
191007092_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img]
Preview
Text
191007092_Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan anggota KUBE Lestari Budaya Tahun 2022 terhadap pelayanan Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas bahwa lembaga pelayanan publik di negara Indonesia masih memiliki banyak kelemahan dan kekurangan, termasuk pelayanan dari Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai penyelenggara program KUBE Lestari Budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks kepuasan anggota KUBE Lestari Budaya terhadap pelayanan Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada penelitian ini indeks kepuasan anggota KUBE Lestari Budaya terhadap pelayanan Dinas Sosial diukur dengan menggunakan 9 indikator pelayanan yang sesuai dengan survei kepuasan masyarakat menurut LIPI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form kepada 120 anggota KUBE Lestari Budaya yang berasal dari 15 KUBE, masing-masing KUBE diambil 8 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 15 KUBE, KUBE Lestari Budaya Sekar Arum merupakan KUBE dengan perolehan nilai indeks kepuasan tertinggi yaitu 81,5 dengan mutu pelayanan “B” yang termasuk pada kategori Baik. Sedangkan KUBE Lestari Budaya Kipo merupakan KUBE dengan perolehan nilai indeks kepuasan terendah yaitu 2,81 dengan nilai konversi 70,25 dengan mutu pelayanan “C” yang termasuk pada kategori Tidak Baik. Indikator biaya tarif merupakan indikator dengan perolehan nilai indeks kepuasan tertinggi yaitu dengan nilai 3,26 dengan mutu pelayanan “B” yang termasuk pada kategori Baik. Waktu pelayanan merupakan indikator dengan perolehan nilai indeks kepuasan terendah dengan nilai 2,83 dengan nilai konversi 70,75 dengan mutu pelayanan “B” yang termasuk pada kategori Tidak Baik. Namun secara keseluruhan, nilai indeks kepuasan anggota KUBE Lestari Budaya terhadap pelayanan Dinas Sosial yaitu 77,25 dengan mutu pelayanan “B” yang termasuk pada kategori Baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ndeks Kepuasan Masyarakat, KUBE, Pelayanan
Subjects: Sosiologi > Media
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 31 Oct 2023 17:04
Last Modified: 31 Oct 2023 17:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30348

Actions (login required)

View Item View Item