STRATEGI DAN ANALISIS PENETAPAN HARGA PROYEK OLEH KONTRAKTOR

CHANDRA, . (2009) STRATEGI DAN ANALISIS PENETAPAN HARGA PROYEK OLEH KONTRAKTOR. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0TS10623.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1TS10623.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2TS10623.pdf

Download (96kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3TS10623.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS10623.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5TS10623.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Untuk menetapkan penawaran harga suatu proyek, kontraktor perlu melakukannya dengan teliti, agar pada penetapan penawaran harga suatu proyek konstruksi, dapat bersaing dengan harga-harga dari kontraktor lain, tetapi tetap meraih keuntungan yang cukup memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana strategi penetapan harga suatu proyek oleh kontraktor di Yogyakarta dan Jawa Tengah, mengetahui faktor-faktor penting yang menjadi pertimbangan kontraktor untuk menetapkan harga suatu proyek, mengidentifikasi praktek-praktek yang dipakai untuk memutuskan markup, dan mengetahui prosentase besarnya markup, serta mengindentifikasi model yang tepat untuk menentukan besarnya markup. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner ke perusahaan-perusahaan kontraktor dan pengumpulan data tender penawaran harga proyek diambil pada perusahaan-perusahan dan instansi pemerintah yang berdomisili di Yogyakarta, Semarang, dan Solo, yang seluruhnya berjumlah 35 responden dan data tender penawaran sebanyak 30. Hasil jawaban responden diolah dengan metode analisis deskriptif yaitu mencari nilai mean dan standar deviasi, serta data tender diolah dengan berbagai model analisis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kebanyakan responden menggunakan strategi penetapan harga yang berdasarkan pendekatan biaya. Faktor-faktor penting yang menjadi pertimbangan kontraktor untuk menetapkan harga suatu proyek adalah tujuan finansial dari perusahaan, kebutuhan akan pekerjaan, kompetisi dengan kontraktor lain dan ukuran proyek. Pada praktek yang dipakai untuk memutuskan besarnya markup, mayoritas responden (86,7%) memilih penilaian berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya. Untuk prosentase besarnya markup sebagian besar reponden (33,3%) memilih prosentase antara 7,5-10%. Dari analisis untuk mencari model yang tepat untuk memperkirakan besarnya markup, model Friedman, Gates, Ackoff & Sasieni. Ketiganya merupakan model yang tepat untuk memperkirakan besarnya markup optimum dengan menggunakan distribusi normal, menghasilkan 5% pada ketiga model analisis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi, harga, biaya, markup, penawaran.
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Jul 2013 10:56
Last Modified: 15 Jul 2013 10:56
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3036

Actions (login required)

View Item View Item