PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS: PERANCANGAN BANGUNAN GEDUNG PERTEMUAN 5 LANTAI)

Sembiring, Andre Franchisko (2022) PERANCANGAN INFRASTRUKTUR DARI ASPEK STRUKTUR, KEAIRAN, TRANSPORTASI DAN MANAJEMEN KONSTRUKSI (STUDI KASUS: PERANCANGAN BANGUNAN GEDUNG PERTEMUAN 5 LANTAI). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Andre Franchisko Sembiring)
160216685_Bab 0.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216685_Bab 1.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
160216685_Bab 2.pdf

Download (672kB) | Preview
[img] Text
160216685_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB)
[img] Text
160216685_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
160216685_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img]
Preview
Text
160216685_Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk dengan beragam kegiatan dan aktivitas, untuk memudahkan semua kegiatan yang ada tentu dibutuhkan sarana dan prasarana pendukung agar tercapai hasil yang diinginkan. Oleh karena itu berbagai macam infrastruktur pendukung perlu dibangun agar segala aspek yang saling berkaitan dapat terkoneksi dengan baik. Dalam hal ini penulis befokus pada empat bidang, yaitu perancangan struktur bangunan gedung, perancangan bangunan air, perancangan jalan dan perencanaan biaya dan waktu pada sebuah proyek. Perancangan Bangunan Gedung adalah mata kuliah yang berfokus pada perancangan bangunan gedung menggunakan standar yang berlaku di suatu wilayah. Gedung merupakan bangunan yang dirancang sedemikian rupa untuk keperluan tertentu, baik itu untuk keperluan komersial, pendidikan, kesehatan, bisnis maupun hunian. Dalam bidang teknik sipil, perencanaan dan rancangan suatu bangunan merupakan hal penting yang dilakukan sebelum membangun bangunan gedung. Selain itu, dalam membuat perancangan juga harus memenuhi standar pembangunan yang berlaku, di Indoneisa perancangan bangunan gedung dilakukan dengan mengikuti aturan yang disusun dalam SNI (Standar Nasional Indonesia). Perancangan Bangunan Air adalah mata kuliah yang berfokus dalam perancangan bangunan air, dan perancangan yang dibahas dalam laporan ini yaitu bangunan bendung. Bendung adalah sebuah bangunan air yang digunakan untuk menaikkan elevasi muka air sungai atau membendung aliran sungai sehingga air sungai dapat disadap dan dialirakan menuju tempat atau daerah yang direncanakan. Indoneisa merupakan negara yang memiliki dua musim, yaitu huian dan kemarau. Ke-dua musim ini memeiliki masalah tersendiri. Pada saat musim hujan menyebabkan debit aliran air sungai membesar, begitu juga pada saat musim kemarau terjadi penurunan debit aliran sungai sehingga terjadi kekeringan. Perancangan Jalan adalah mata kuliah yang berfokus dalam merancang jala raya. Jalan merupakan prasarana transportasi yang difungsikan sebagai penghubung dari satu tempat ke tempat yang lain, dengan demikian diperlukan perhitungan jumlah kendaraan yang melewati jalan tersebut agar pengendara bisa bergerak dengan lancar. Pemasangan rambu lalu-lintas diharapkan dapat memaksimalkan kelancaran dan kemanan dalam berkendara. Perencanaan Biaya dan Waktu adalah mata kuliah yang berfokus dalam merencanakan anggaran biaya proyek dan manajemen waktu pengerjaan sebuah proyek. Proyek konstruksi memiliki banyak jenis pekerjaan yang harus dilakukan, baik sebelum maupun sesudah proses pembangunan infrastruktur. Salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah perhitungan perencanan proyek. Perencanaan proyek meliputi perhitungan volume, perhitungan analisis biaya hingga penjadwalan kegiatan proyek dari awal hingga selesai. Perhitungan perencanaan proyek dapat disebut dengan manajemen proyek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: building design, bendung, road, cost planning, time
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 03 Nov 2023 16:30
Last Modified: 03 Nov 2023 16:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30375

Actions (login required)

View Item View Item