REDESAIN PASAR GODEAN DI KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Felix, . (2021) REDESAIN PASAR GODEAN DI KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Felix)
170116715_Bab 0.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170116715_Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170116715_Bab 2.pdf

Download (949kB) | Preview
[img] Text
170116715_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
170116715_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170116715_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
170116715_Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pasar tradisional bagi masyarakat luas bukan hanya sebagai wadah yang mewadahi kegiatan jual-beli melainkan tempat yang memungkinkan terjadinya interaksi sosial. Seiring berjalannya waktu pasar modern mulai merajai pasar sehingga banyak orang yang pindah berbelanja ke pasar modern yang membuat pertumbuhan ekonomi pasar tradisional menuru. Pasar Godean merupakan salah satu pasar dari banyak pasar di Kabupaten Sleman yang memiliki masalah tersebut. Pasar Godean mengalami masalah internal yaitu dengan pertumbuhan penduduk pada Kecamatan Godean yang bergaris lurus dengan peningkatan pedagang pada Pasar Godean sehingga banyak pedagang yang tidak memiliki lapak untuk berjualan dan terpaksa harus mengambil ruang sirkulasi sebagai tempat berjualan. Hal tersebut yang mendasarkan penulis untuk melakukan studi lebih lanjut mengenai masalah-masalah yang terdapat pada Pasar Godean agar Pasar Godean bisa kembali menjadi pasar yang banyak dikunjungi dan sebagai ikon bagi Kecamatan Godean. Redesain Pasar Godean akan difokuskan pada tata ruang dalam dan tata ruang luar. Pendekatan desain yang digunakan dalam perencanaan dan perancangan Pasar Godean adalah Arsitektur Ekologi. Arsitektur ekologi adalah pendekatan desain yang mementingkan 3 aspek yaitu manusia, alam, dan lingkungan itu sendiri. Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat dijadikan sebuah alternatif dalam merancang Pasar Godean yang berkelanjutan dan atraktif sehingga mampu bersain dengan pasar modern. Metode pengambilan data adalah dengan cara mencari literatur, studi lapangan, mencari preseden, dan wawancara untuk mengetahui lebih mengenai Pasar Godean sesuai dengan permasalahan yang ada.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: asar Tradisional, Pasar Modern, Redesain, Pasar Godean, Ekologi, Berkelanjutan, Atraktif, Tata Ruang Dalam, Tata Ruang Luar.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 06 Nov 2023 17:47
Last Modified: 06 Nov 2023 17:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30384

Actions (login required)

View Item View Item