PERPUSTAKAAN UMUM DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR HUMANIS

Puspamaya, Bernadetha Novenia Diani (2021) PERPUSTAKAAN UMUM DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR HUMANIS. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Bernadetha Novenia Diani Puspamaya)
170116725_Bab 0.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170116725_Bab 1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170116725_Bab 2.pdf

Download (533kB) | Preview
[img] Text
170116725_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
170116725_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
170116725_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
170116725_Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini, teknologi berkembang dengan sangat pesat. Kehadiran teknologi dapat mempermudah dan membantu dalam mengakses informasi dengan waktu yang cepat. Peran teknologi sangat penting dalam kehidupan manusia karena menjadi sumber segala informasi yang dapat menambah ilmu pengetahuan. Sebelum adanya kehadiran teknologi, media penyedia informasi yang mudah diperoleh adalah buku. Walaupun kehadiran teknologi yang saat ini semakin canggih, namun hingga saat ini tetap melakukan kegiatan penerbitan buku. D.I. Yogyakarta merupakan wilayah daerah yang dikenal sebagai kota pelajar dan menjadi destinasi pendatang/wisatawan untuk menempuh pendidikan atau menuntut ilmu di D.I. Yogyakarta serta dapat memberikan peluang untuk mengembangkan suatu tempat sebagai sarana pendukung pendidikan yang mampu menyediakan berbagai macam bentuk informasi untuk mendukung sarana pendidikan tersebut. Pada masa remaja hingga dewasa merupakan masa mencari jati diri dan menjadi proses tumbuh kembang sesorang. Tidak mudah untuk menumbuhkan rasa minat baca pada masa tersebut, karena telah terbentuknya kebiasaan yang muncul dari dalam diri masing-masing. Kehadiran teknologi berperan besar dalam generasi remaja hingga dewasa atau dapat disebut sebagai generasi milenial. Tidak sedikit masyarakat yang kurang minat pada kebiasaan membaca buku, maka peran perpustakaan umum yang telah tersedia untuk semua kalangan dapat teraibaikan akibat kehadiran teknologi yang dapat mencari semua informasi dengan waktu yang singkat. Untuk meningkatkan kembali minat baca pada masyarakat, perpustakaan memerlukan konsep dengan melihat dan memperhatikan kebutuhan yang saat ini sering dilakukan dan sangat dibutuhkan terutama pada generasi milenial. Arsitektur humanis merupakan salah satu aliran arsitektur yang dapat diartikan sebagai suatu karya yang menunjukkan manusia sebagai objek utamanya, yang berarti memperhatikan berbagai sudut pandang manusia terhadap suatu ruang. Karya arsitektur menjadi lebih nyaman karena mampu memenuhi kebutuhan manusia, inovatif, mampu mewujudkan suasa edukatif dan rekreatif, mampu menciptakan suasana baik secara tampilan, pilihan material, pengolahan material maupun teknologi yang digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perpustakaan umum, perkembangan kalangan remaja dan dewasa, rekreatif, edukatif, arsitektur humanis.
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 06 Nov 2023 17:59
Last Modified: 06 Nov 2023 17:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30385

Actions (login required)

View Item View Item