REVITALISASI PASAR SAMBILEGI DI KABUPATEN SLEMAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER

Daniswara, Stefanus Andhika (2021) REVITALISASI PASAR SAMBILEGI DI KABUPATEN SLEMAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Stefanus Andhika Daniswara)
170116745_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
170116745_Bab 1.pdf

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
170116745_Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
170116745_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
170116745_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
170116745_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
170116745_Bab 6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pasar Tradisional merupakan salah satu sektor perdagangan penggerak perekonomian baik di wilayah provinsi maupun nasional. Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki program untuk melakukan revitalisasi pasar tradisional demi meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengguna pasar tradisional. Revitalisasi ini juga sebagai bentuk respon dari adanya permasalahan yang terjadi pada Pasar Sambilegi yaitu bangunan yang sudah cukup tua, padatnya los dan kios sehingga membuat suasana yang sesak, dan dibutuhkannya peningkatan sarana dan prasarana penunjang. Kondisi permasalahan tersebut semakin diperburuk di mana pasar sebagai penggerak roda perekonomian harus dihadapkan dengan adanya pandemi Covid-19 yang menghambat kegiatan perekonomian di pasar. Kondisi pasar yang ingin dicapai melalui revitalisasi adalah pasar yang higienis dan rekreatif. Pasar harus mampu beradaptasi dengan kondisi selama dan pasca pandemi, dengan mengedepankan protokol kesehatan sesuai imabuan pemerintah. Di lain sisi, pasar akan dibuat menjadi area yang rekreatif, sehingga keberadaan pasar tidak hanya sekedar bergerak pada sisi ekonomi, namun juga dapat memberi sebuah pengalaman baru melalui konsep ‘experience economy’ dan mengedepankan sisi budaya daerah setempat. Revitalisasi Pasar Sambilegi akan diolah melalui elemen sirkulasi dan tata ruang dalam dengan pendekatan arsitektur kontemporer, dengan tujuan menghilangkan stigma negatif masyarakat mengenai pasar yang kumuh, kotor, dan kurang tertata. Revitalisasi Pasar Sambilegi diharapkan dapat menjadi daya tarik baru bagi masyarakat sekaligus menjadi contoh penerapan pasar yang mampu beradaptasi dengan keadaan/ kondisi kenormalan baru.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pasar Tradisional, Revitalisasi Pasar, Higienis, Rekreatif, Sirkulasi, Tata Ruang Dalam, Arsitektur Kontempore
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 07 Nov 2023 17:40
Last Modified: 07 Nov 2023 17:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30400

Actions (login required)

View Item View Item