ANALISIS BEBAN LALU LINTAS JEMBATAN GONDOLAYU JALAN SUDIRMAN YOGYAKARTA

PUTRA, DOMINICUS YUSAN TRIA (2009) ANALISIS BEBAN LALU LINTAS JEMBATAN GONDOLAYU JALAN SUDIRMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS11497.pdf

Download (84Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS11497.pdf

Download (611Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS11497.pdf

Download (58Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS11497.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS11497.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS11497.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TS11497.pdf

Download (73Kb)

Abstract

Dalam rangka memantapkan kestabilan sarana perhubungan lalu lintas angkutan darat yang sangat penting artinya bagi pembangunan nasional, sebagai perwujudan nyata terhadap pelayanan jasa distribusi yang meliputi jasa angkutan dan jasa perdagangan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain, maka sistem jaringan jalan dan jembatan merupakan hal yang utama untuk dijaga kemampuan daya layannya. Oleh sebab itu perencanaan, pembangunan dan rehabilitasi serta fabrikasi perlu diperhatikan seefektif dan seefisien mungkin, sehingga pembangunan jembatan dapat mencapai sasaran umur jembatan yang direncanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai beban jembatan akibat lalu lintas yang melewatinya. Penelitian dilakukan pada bulan September dengan melakukan pengamatan dan menghitung secara langsung kendaraan yang melintas di Jembatan Gondolayu. Penelitian ini mengukur beban lalu lintas dengan menggunakan konversi ESAL, SMP, dan Ton per 15 menit. Dari hasil analisis ini diharapkan dapat memberikan informasi yang dapat digunakan untuk penelitian lebih lanjut dalam upaya pembangunan dan pemeliharaan jembatan. Hasil analisis menunjukkan bahwa beban lalu lintas di Jembatan Gondolayu mencapai 1610,4 ton per 15 menit, 913,8 SMP per 15 menit dan 64,1808 ESAL per 15 menit. Beban terbesar diperoleh dari beban mobil sebesar 960 ton per 15 menit dan 480 smp per 15 menit, sedangkan beban ESAL terbesar diperoleh dari beban truk 18,2T sebesar 60,3128 ESAL per menit. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun kendaraan yang mendominasi adalah sepeda motor, namun beban terbesar adalah dari mobil dan truk meskipun jumlahnya jauh lebih sedikit.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis, beban lalu lintas, jembatan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Jul 2013 12:45
Last Modified: 15 Jul 2013 12:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3049

Actions (login required)

View Item View Item