Perbedaan Kualitas Pesan Iklan dalam Webseries “Memilih Maju” Provider XL Axiata Tbk Menurut Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta

PRABOWO, ALOYSIUS JOHAN (2023) Perbedaan Kualitas Pesan Iklan dalam Webseries “Memilih Maju” Provider XL Axiata Tbk Menurut Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ALOYSIUS JOHAN PRABOWO)
17 09 06471 0.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06471 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
17 09 06471 2.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text
17 09 06471 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img]
Preview
Text
17 09 06471 4.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Perubahan dan perkembangan media beriklan khususnya di industri kreatif terus terjadi di Indonesia membuat pemasar mengubah cara mereka melakukan kegiatan komunikasi pemasaran kepada konsumen. Salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan melalui media sosial adalah pemasangan iklan berbentuk web series pada media sosial YouTube. XL Axiata menggunakan web series di media sosial YouTube sebagai sarana untuk mempromosikan produk milik mereka. XL Axiata melalui akun YouTube @XLAxiataTbk mengunggah beberapa postingan yang berupa iklan salah satunya adalah iklan berbentuk web series Memilih Maju. Iklan yang ada di dalam web series ini kemudian diharapkan dapat memberikan efek kepada penonton akun YouTube XL Axiata sehingga mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kualitas pesan yang ada pada iklan berbentuk web series Memilih Maju milik XL menurut mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Perbedaan kualitas pesan iklan dalam penelitian ini diukur menggunakan uji beda / t independent dengan mengimplementasikan metode assuming equal variances dari dua kelompok yang berbeda. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode survei melalui kuesioner. Sampel pada penelitian ini berjumlah 25 orang mahasiswa/i Teknik Sipil dan 34 mahasiswa/i Ilmu Komunikasi UAJY . Hasil penghitungan ketiga kategori uji beda menunjukkan adanya perbedaan kualitas pesan antara Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Teknik Sipil. Mahasiswa Ilmu Komunikasi menilai kualitas pesan iklan lebih tinggi daripada mahasiswa Teknik Sipil ditunjukkan dari nilai Mean perhitungan semua indikator penelitian pada mahasiswa Ilmu Komunikasi adalah sebesar 3,85 sementara pada mahasiswa Teknik Sipil hanya sebesar 2,97. Jawaban mahasiswa Ilmu Komunikasi juga lebih seragam dibandingkan mahasiswa Teknik Sipil ditunjukkan dari nilai variansi mahasiswa Ilmu Komunikasi sebesar 1,2 dan Teknik Sipil sebesar 1,7. Adapun dapat disimpulkan terdapat perbedaan kualitas pesan iklan menurut mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Teknik Sipil karena nilai t hitung menunjukkan nilai yang lebih besar dibanding nilai t tabel; t hitung sebesar 10,5 dan t tabel sebesar 1,6.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Iklan, Web Series, Uji T, Kualitas Pesan Iklan
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 15 Nov 2023 21:53
Last Modified: 15 Nov 2023 21:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30493

Actions (login required)

View Item View Item