TRIPRASETYO, ARI YULIAN (2009) EVALUASI KINERJA BUS TRANSJOGJA (Studi Kasus: Bus Jalur 2A dan 2B). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0TS11506.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1TS11506.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text (Bab II)
2TS11506.pdf Download (55kB) | Preview |
|
Text (Bab III)
3TS11506.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
||
Text (Bab IV)
4TS11506.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
||
Text (Bab V)
5TS11506.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab VI)
6TS11506.pdf Download (82kB) | Preview |
Abstract
Setelah terjadi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang dimulai pada sekitar bulan Oktober 2005, terjadi dampak yang sangat signifikan terhadap transportasi. Hal ini terasa dikalangan masyarakat yaitu penurunan daya beli masyarakat terhadap transportasi dengan mengurangi kebutuhan perjalanan.Menurunnya daya beli masyarakat berimbas terhadap menurunnya penggunaan sektor transportasi khususnya angkutan umum yang mengakibatkan menurunnya jumlah kebutuhan terhadap angkutan umum. Pengambilan data dilaksanakan pada hari Kamis (7 Mei 2009), Sabtu (16 Mei 2009) dan Selasa (9 Juni 2009). Pengambilan data dilaksanakan pada jam sibuk pagi yaitu pukul 06.15 – 08.05 dan jam sibuk siang yaitu pukul 12.50 – 14.35 (satu kali putaran) dimulai dari Terminal Jombor dan berakhir di Terminal Jombor. Data-data primer yaitu naik turun penumpang, waktu dan jarak tempuh, panjang rute serta frekuensi didapat melalui penelitian secara langsung di lapangan. Sementara data sekunder yaitu rute perjalanan, jumlah armada serta lokasi halte diperoleh dari instansi-instansi terkait. Dari hasil penelitian diketahui rerata jumlah penumpang dalam menjalani rutenya pada jam sibuk. Jumlah penumpang tertinggi diperoleh bus Transjogja jalur 2A yaitu 53,17 penumpang dan jumlah penumpang terendah diperoleh bus Transjogja jalur 2B yaitu 39,33 penumpang. Untuk rute perjalanan terpanjang dimiliki bus Transjogja jalur 2A yaitu sepanjang 32,7 km dan rute perjalanan terpendek dimiliki bus Transjogja jalur 2B yaitu sepanjang 31,8 km. Kecepatan perjalanan ( tempuh ) tertinggi dimiliki oleh bus Transjogja jalur 2A yaitu 25,83 km/jam dan kecepatan terendah dimiliki oleh bus Transjogja jalur 2B yaitu 20,83 km/jam. Untuk data frekuensi diperoleh untuk jalur 2A sebanyak 3 unit/jam dan jalur 2B sebanyak 2 unit/jam. Jumlah armada pada bus Transjogja jalur 2 saat ini sebanyak 16 unit, masih dirasakan kurang. Kebutuhan jumlah armada yang seharusnya untuk jalur 2 dibutuhkan sebanyak 35 unit.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | terminal, halte, armada, frekuensi, kecepatan. |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 15 Jul 2013 13:19 |
Last Modified: | 15 Jul 2013 13:19 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/3050 |
Actions (login required)
View Item |