PENGARUH KREDIBILITAS BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI PRODUK (Studi Kuantitatif Eksplanatif Pengaruh Kredibilitas Brand Ambassador Natasha Surya Terhadap Minat Beli Produk Polki oleh Followers Akun TikTok @natasha.surya)

Arinka, Clarisa Natania Putri (2023) PENGARUH KREDIBILITAS BRAND AMBASSADOR TERHADAP MINAT BELI PRODUK (Studi Kuantitatif Eksplanatif Pengaruh Kredibilitas Brand Ambassador Natasha Surya Terhadap Minat Beli Produk Polki oleh Followers Akun TikTok @natasha.surya). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Clarisa Natania Putri Arinka)
180906555 - 0.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906555 - 1.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180906555 - 2.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
180906555 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img]
Preview
Text
180906555 - 4.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Brand ambassador menjadi bagian dari periklanan di media sosial yang digunakan untuk memberikan keuntungan pada merek karena brand ambassador dapat menarik perhatian dari konsumen dan dapat memengaruhi konsumen melalui pesan yang diberikan. Pada umumnya, brand ambassador merupakan orang-orang yang mempunyai banyak pengikut di media sosial mereka, sehingga dianggap mampu merepresentasikan produk dari sebuah merek dengan baik. Brand ambassador yang akan diteliti pada penelitian ini adalah Natasha Surya sebagai brand ambassador dari Polki, sebuah merek pembersih kerak dari Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kredibilitas brand ambassador Natasha Surya terhadap minat beli produk Polki. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan jenis penelitian kuantitatif eksplanatif. Responden dalam penelitian ini adalah followers TikTok Natasha Surya (@natasha.surya) sebanyak 400 responden dengan menggunakan metode pengambilan sampel non probability sampling, yaitu purposive sampling. Skala yang digunakan pada penelitian ini adalah skala likert dan data yang didapatkan diolah menggunakan analisis deskriptif, uji regresi linear sederhana dengan menggunakan software IBM SPSS Statistic 26. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, terbukti bahwa terdapat pengaruh kredibilitas brand ambassador Natasha Surya terhadap minat beli produk Polki yang signifikan karena mendapatkan nilai signifikasi (Sig.) sebesar 0,000 yang nilai tersebut < 0,05. Dari nilai tersebut menunjukkan bahwa H0 dalam penelitian ini ditolak dan H1 diterima, yaitu terdapat pengaruh kredibilitas brand ambassador Natasha Surya terhadap minat beli produk Polki. Lalu, berdasarkan hasil dari uji koefisien determinasi, nilai R Square sebesar 0,182 menunjukkan bahwa pengaruh kredibilitas brand ambassador Natasha Surya terhadap minat beli produk Polki sebesar 18,2%, sedangkan 81,8% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: i: Kredibilitas Brand Ambassador, Minat Beli, Natasha Surya, Polki
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 17 Nov 2023 21:15
Last Modified: 17 Nov 2023 21:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30532

Actions (login required)

View Item View Item