PERSEPSI PENGUNJUNG KELUARGA TERHADAP KUALITAS RUANG PUBLIK PASCA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS: GEMBIRA LOKA ZOO YOGYAKARTA)

Khairanisa, Fitria (2023) PERSEPSI PENGUNJUNG KELUARGA TERHADAP KUALITAS RUANG PUBLIK PASCA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS: GEMBIRA LOKA ZOO YOGYAKARTA). S2 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Fitria Khairanisa)
195402980_Bab 0.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
195402980_Bab 1.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
195402980_Bab 2.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text
195402980_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text
195402980_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
195402980_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
195402980_Bab 6.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui persepsi pengunjung keluarga terhadap kualitas ruang publik pasca pandemi covid 19 di Gembira Loka Zoo Yogyakarta. Ruang publik berfungsi sebagai tempat penting bagi masyarakat perkotaan untuk berinteraksi dan berkomunikasi. Pandemi telah mengubah cara orang berinteraksi dengan ruang publik. Gembira Loka Zoo Yogyakarta sebagai ruang publik menerapkan perubahan untuk merespon konsidi pasca pandemi covid 19. Menurut Carr (1992), kualitas ruang publik ditinjau dari 3 aspek yaitu: responsif (Needs), melindungi hak pengguna (Rights), dan memiliki makna (Meanings). Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur, observasi, dan kuisioner. Jumlah sampel yang dikumpulkan sebanyak 40 responden keluarga khususnya yang membawa anak- anak. Kuisioner menggunakan skala likert untuk memperoleh penilaian responden keluarga terhadap kualitas ruang publik pasca pandemi covid 19 di Gembira Loka Zoo Yogyakarta. Hasil menunjukkan, Gembira Loka Zoo memenuhi kriteria sebagai ruang publik yang berkualitas menurut persepsi pengunjung keluarga pasca pandemi covid 19. Kesimpulan ini didukung oleh tiga aspek penilaian yaitu: aspek Responsif (needs) dengan predikat Baik, Demokratis (rights) dengan predikat Sangat Baik, dan Makna (meanings) dengan predikat Baik. Adapun fasilitas yang perlu ditingkatkan kualitasnya adalah toilet pengunjung dan pagar pembatas kandang satwa di zona mamalia.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: persepsi, pengunjung keluarga, kualitas ruang publik, pasca pandemi covid 19, gembira loka zoo
Subjects: Magister Teknik Arsitektur > Digital Arsitektur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor 3 uajy
Date Deposited: 22 Nov 2023 19:39
Last Modified: 22 Nov 2023 19:39
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30568

Actions (login required)

View Item View Item