PENGARUH KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP LOYALITAS MEREK: PERAN MEDIASI KEPERCAYAAN MEREK DAN EKUITAS MEREK (Studi Pada BitterSweet By Najla)

Wijaya, Michael Tanu (2023) PENGARUH KOMUNIKASI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP LOYALITAS MEREK: PERAN MEDIASI KEPERCAYAAN MEREK DAN EKUITAS MEREK (Studi Pada BitterSweet By Najla). S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MICHAEL TANU WIJAYA)
180324195 0.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180324195 1.pdf

Download (464kB) | Preview
[img]
Preview
Text
180324195 2.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text
180324195 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[img] Text
180324195 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img]
Preview
Text
180324195 5.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi media sosial terhadap loyalitas merek dengan kepercayaan merek dan ekuitas merek sebagai variabel pemediasi. Komunikasi media sosial dapat dijelaskan melalui 2 variabel yaitu firm created social media communication (FCSMC) dan user generated social media communication (UGSMC). Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel valid berjumlah 188 responden. Responden tersebut dipilih berdasarkan kriteria tertentu yaitu mahasiswa Yogyakarta yang pernah melakukan pembelian di Bittersweet by Najla. Stuctural Equation Modelling - Partial Least Square (SmartPLS 4) dipilih sebagai metode serta alat analisis untuk mengevaluasi hasil penelitian. Hasil uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa FCSMC terbukti memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas merek, kepercayaan merek, dan ekuitas merek, sedangkan UGSMC hanya memiliki pengaruh langsung terhadap kepercayaan merek dan ekuitas merek. Selanjutnya, kepercayaan merek terbukti memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas merek dan ekuitas merek. Terakhir, Ekuitas merek berhasil memediasi pengaruh FCSMC dan UGSMC terhadap loyalitas merek, sedangkan kepercayaan merek hanya berhasil memediasi pengaruh FCSMC terhadap loyalitas merek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: firm created social media communication, user generated social media communication, kepercayaan merek, ekuitas merek, loyalitas merek, partial least squares
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor 2 uajy
Date Deposited: 23 Nov 2023 20:15
Last Modified: 23 Nov 2023 20:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30589

Actions (login required)

View Item View Item