KORELASI KUALITAS PENGGUNAAN FITUR LIVE STREAMING SHOPPING TIKTOK SKINTIFIC DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH FOLLOWERS TIKTOK @SKINTIFIC_ID

Livia, Laurencia (2023) KORELASI KUALITAS PENGGUNAAN FITUR LIVE STREAMING SHOPPING TIKTOK SKINTIFIC DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH FOLLOWERS TIKTOK @SKINTIFIC_ID. S1 thesis, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Laurencia Livia)
190906827 - 0.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906827 - 1.pdf

Download (958kB) | Preview
[img]
Preview
Text
190906827 - 2.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text
190906827 - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
190906827 - 4.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana korelasi kualitas penggunaan fitur Live Streaming Shopping TikTok @Skintific_id dengan keputusan pembelian oleh followers TikTok @Skintific_id. Skintific merupakan sebuah brand skincare yang cukup populer pada aplikasi TikTok. Skintific melakukan Live Streaming Shopping pada aplikasi TikTok yang merupakan salah satu cara untuk melakukan promosi melalui media sosial. Kualitas penggunaan fitur Live Streaming Shopping pada media sosial TikTok dapat diukur berdasarkan indikator kualitas konten yaitu educate, inform, entertains, dan create trustworthiness. Konten Live Streaming Shopping merupakan sebuah rangsangan yang dapat menghasilkan respon tertentu baik positif maupun negatif. Dalam melakukan keputusan pembelian konsumen akan melalui tahapan pengambilan keputusan diantaranya pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pascapembelian. Penelitian ini tergolong pada penelitian kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan purposive sampling sebanyak 100 responden yang merupakan bagian dari followers TikTok @Skintific_id yang telah menonton Live Streaming Shopping TikTok @Skintific_id. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menguji pernyataan pada kuesioner adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini digunakan dengan melakukan uji korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat korelasi positif antara Kualitas penggunaan fitur Live Streaming Shopping dengan keputusan pembelian oleh followers @Skintific_id. Kualitas dari konten live streaming shopping dapat dirasakan oleh followers dengan memaksimalkan fitur-fitur yang tesedia pada Live Streaming Shopping, sehingga followers memiliki kemungkinan yang semakin tinggi dalam memutuskan untuk melakukan keputusan pembelian. Besaran korelasi yang terdapat pada variabel X dengan variabel Y adalah sebesar 74%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kualitas penggunaan fitur Live Streaming Shopping, TikTok, Skintific, Keputusan Pembelian
Subjects: Komunikasi > Kajian Media
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor 4 uajy
Date Deposited: 24 Nov 2023 16:05
Last Modified: 24 Nov 2023 16:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/30599

Actions (login required)

View Item View Item